PENERAPAN TEKNOLOGI SPERMATOZOA HASIL SEXING UNTUK KETERSEDIAN SAPI POTONG DI KELOMPOK TANI GARPONDO KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Dara Surtina Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Harissatria Harissatria Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Delsi Afrini Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • John Hendri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Mahmud Mahmud Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Mardianto Mardianto Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Renfiyeni Renfiyeni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Friza Elinda Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Alfian Asri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2689

Keywords:

Sapi Potong, Inseminasi, Biogas, Kompos, Pakan

Abstract

Kelompok tani Garpondo merupakan kelompok tani yang bergerak dalam pembibitan dan penggemukan sapi potong unggul jenis Simmental. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok mitra selama ini adalah rendahnya tingkat kelahiran anak sapi denis kelamin jantan yang bisa dijadikan sebagai bakalan untuk penggemukan. Selanjutnya, hasil sampingan dari feses dan urin sapi tidak termanfaatkan untuk diolah menjadi sumber energi alternatif seperti gas bio. Solusi yang akan diterapkan untuk mengatasi masalah mitra ini adalah melakukan aplikasi inseminasi buatan dengan spermatozoa hasil sexing (jantan). Dengan ketersedian spermatozoa hasil sexing jantan dari tim pengabdian, maka aplikasi penerapan teknologi dengan inseminasi buatan akan menghasilkan kelahiran anak sapi jantan yang di inginkan oleh mitra karena nilai jual yang tinggi dan penggemukan dengan mudah. Selanjutnya melakukan pengolahan limbah peternakan seperti feses dan urin untuk pembuatan gas bio sebagai energi alternatif bagi kelompok mitra. Pembuatan gas bio ini menggunakan drum air kapasitas 1.100 liter/unit sebagai biodegester dan bisa menghasilkan gas bio yang siap dipakai oleh mitra. Ampas feses hasil fermentasi gas bio tersebut selanjutnya diolah lagi menjadi pupuk kompos yang bisa di jual kepada petani untuk tanaman pertanian dengan harga Rp. 25.000/karung. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah dengan penyuluhan dan praktek langsung ke lokasi mitra. Peternak juga akan dilatih dan diterapkan pembuatan fermentasi limbah pertanian sebagai alternatif pakan ternak.

Author Biographies

Dara Surtina, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin 

Harissatria Harissatria, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin 

Delsi Afrini, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

John Hendri, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Mahmud Mahmud, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Mardianto Mardianto, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Renfiyeni Renfiyeni, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Friza Elinda, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Alfian Asri, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

References

Adawiyah, R.C., S, Rusdiana dan U. Adiato. 2016. Peningkatan perekonomian melalui perbaikan produksi. Prosding Seminar Nasional UGM Pasca Sarjana, 8 Oktober 2016, hal.159-167.

Efan, N.A. 2014. Produksi Biogas Melalui Proses Dry Fermentation Menggunakan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit. Skripsi. Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Harissatria1, D. Surtina1 , Jaswandi , Hendriand Rizqan. 2019. Fertility of Buffalo Cauda Epididymal Sperm with Swim up Method. Sch J Agric Vet Sci, (6): 160–164.

Harisatria1, D. Surtina, J. Hendri dan Jaswandi. 2017. Respon Estrus Kuda Lokal dengan Induksi Hormon Pgf2α di Kota Payakumbuh. Jurnal Peternakan Vol 14 No 2 (65-69).

Haryanto A, Sanjaya D, Tamrin. 2015. Produksi Biogas Dari Cmpuran Kotoran Sapi dan Kotoran Ayam. Jurnal Teknik Pertanian Lampung. 4 (2):127-136.

Mohammad, R., F. Soeroso, S. Pradana, Akbar, Sudarno, dan I.W. Wardhana. 2016. Pengaruh Pengenceran dan Pengadukan Terhadap Produksi Biogas pada Aneorobic Digestion dengan Menggunakan Ekstrak Rumen Sapi Sebagai Starter dan Limbah Dapur Sebagai Substrat. Jurnal PRESIPITASI. Vol 13 (2) : 88 - 93.

Morase, E.P.B.X., Neto, F.L.M. Filho Aguiar, C.R. Bezerra, F.Q.G. Santos, M,H.B, Neves, P.F. Lima, and M.A.L. Olivera. 2009. Mortality determination and gendeindetification of conceptus in pregnancies of santa ines ovine by ultrasound. Sounth Afr. J. Anim. Sci. 39(4):307-311.

Muji E, Jotanovi S, Nedi D, Tei M, Ahinovi R, Veki M, Vili H. 2012. Induction and Synchronization of estrus in dairy cows using a single injection ofv PGF2 alfa and GnRH. Acta Veterinaria (Beograd). 62(5-6): 591-598.

Saili, T., A. Bain, AS. Aku, M. Rusdin dan R. Aka. 2011. Sinkronisasi estrus melalui manipulasi hormon agen luteolitik untuk meningkatkan efisiensi reproduksi Sapi Bali dan Peranakan Ongole di Sulawesi Tenggara. Agriplus, 21(1):50-54.

Setiarto, R.H.B. 2013. Prospek dan potensi pemanfaatan lignoselulosa jerami padi menjadi kompos, silase dan biogas melalui fermentasi mikroba. Jurnal Selulosa. 3 (2): 51 – 66.

Wahyuni, S. 2015. Panduan Praktis Biogas. Penebar Swadaya. Jakarta Timur. 116 hlm.

Downloads

Published

2021-10-25