PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA BILANGAN DAN ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26822Keywords:
Pelatihan; Alat_Peraga; Bilangan_Aljabar; Pemecahan_Masalah: Sekolah_DasarAbstract
Pelatihan pembuatan alat peraga bilangan dan aljabar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru sekolah dasar adalah sebagai berikut: Pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru sekolah dasar dengan keterampilan dalam membuat dan menggunakan alat peraga matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka serta meningkatkan efektivitas pengajaran matematika di kelas. Konten pelatihan mencakup pemahaman konsep dasar bilangan dan aljabar yang diajarkan di tingkat sekolah dasar, metode pembuatan alat peraga, dan aplikasinya dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi demonstrasi langsung, praktik langsung, dan diskusi kelompok. Pelatihan ini menekankan penerapan konsep matematika dalam konteks kehidupan nyata di kelas sekolah dasar, serta memperkuat keterampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menggunakan alat peraga.Evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam membuat alat peraga dan menerapkannya dalam pembelajaran. Umpan balik dari instruktur dan sesama mahasiswa digunakan untuk mengidentifikasi area-area di mana mahasiswa perlu meningkatkan pemahaman atau keterampilan mereka.Dengan mendesain pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa calon guru sekolah dasar dan mengaitkannya dengan hasil-hasil penelitian yang relevan, diharapkan mahasiswa dapat menjadi pendidik yang lebih kompeten dan efektif dalam mengajar matematika di kelas sekolah dasar.References
Fachrurazi, F., Hayati, R., Karim, A., Siti Habsari, P., Marzuki, M., & Hasratuddin, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3), 212–220. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i3.484
Hayati, R. (2023). Pelatihan Pentingnya Hakikat Kategori Adopter (Innovator, Early Adopter, Early Majority, Late Majority, Laggard) Dalam Difusi Inovasi Pendidikan Di Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 4(4), 7643–7649.
Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1).
Hayati, R., Fachrurazi, F., Asrul, K., & Marzuki, M. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Journal of Elemantary School, 5(Oktober), 621–629.
Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Absis, 5(1), 621–629. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558
Hayati, R., Kartika, Y., & Wahyuni, R. (2023). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 1–10.
Hayati, R., Nuri, B., Novianti, N., Wahyuni, R., & Husnidar, H. (2023). PELATIHAN PENGOLAHAN SAMPAH KERTAS KORAN MENJADI ALAT PERAGA MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 BIREUEN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1).
Hayati, R., Syaputra, E., Surya, E., Wahyuni, R., & Kartika, Y. (2024). Increasing Students ’ Problem Solving Abilities Through The Realistic Mathematics Education Model In Elementary Schools. 1(1).
Kartika, Y., Rousda, R. Y., Hayati, R., & Wahyuni, R. (2024). DEVELOPMENT OF DIGITAL COMIC THROUGH PROJECT-BASED. 1(1).
Marisa, R., & Hayati, R. (2024). Outcomes of Learning Mathematics Material Using the Savi Approach (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) in Primary School. Kadikma, 14(3), 105.
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713.
Zuraini, Z., Nofriati, E., Hayati, R., Kartika, Y., & Husnidar, H. (2023). PELATIHAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. 4(2), 2021–2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmi Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.