INTEGRASI LAYANAN SUNNAT MASAL DENGAN PEMERIKSAAN KESEHATAN UMUM DI KECAMATAN KAMBU, KOTA KENDARI

Authors

  • Asbath Asbath Universitas Mandala Waluya
  • Islaeli Islaeli Universitas Mandala Waluya
  • Cici Yusnayanti Universitas Mandala Waluya
  • Titi Saparina Universitas Mandala Waluya
  • Noviati Noviati Universitas Mandala Waluya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26615

Keywords:

Integrasi Layanan; Pemeriksaan Kesehatan Umum; Sunnat Masal

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berjudul "Integrasi Layanan Sunnat Masal dengan Pemeriksaan Kesehatan Umum di Kecamatan Kambu, Kota Kendari" merupakan inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan anak di Kecamatan Kambu. Program ini dilaksanakan dengan melibatkan 30 anak usia 6 hingga 10 tahun, mengintegrasikan layanan sunnat masal dengan serangkaian pemeriksaan kesehatan umum, termasuk skrining gizi, pengukuran tumbuh kembang, dan pemeriksaan penglihatan. Pendekatan integratif ini dirancang untuk memberikan manfaat ganda, tidak hanya melaksanakan sunnat yang merupakan praktek umum dan penting dalam komunitas, tetapi juga memastikan deteksi dini dan penanganan masalah kesehatan pada anak. Metodologi yang digunakan meliputi pengumpulan data pra dan pasca pelaksanaan program, analisis kualitatif terhadap manfaat kesehatan yang diperoleh, dan survei kepuasan orang tua. Hasil awal menunjukkan peningkatan signifikan dalam kesadaran kesehatan di kalangan peserta dan keluarganya, serta identifikasi awal kondisi kesehatan yang membutuhkan tindak lanjut lebih lanjut. Program ini menawarkan model holistik untuk pemberdayaan kesehatan komunitas dan dapat dijadikan referensi untuk kegiatan serupa di wilayah lain.

References

Amin, M. M. (2014). Implementasi Framework Interoperabilitas Dalam Integrasi Data Rekam Medis. Pseudocode, 1(1), 44–50

Ashengo, T. A., Hatzold, K., Mahler, H., Rock, A., Kanagat, N., Magalona, S., Curran, K., Christensen, A., Castor, D., Mugurungi, O., Dhlamini, R., Xaba, S., & Njeuhmeli, E. (2014). Voluntary Medical Male Circumcision (VMMC) in Tanzania and Zimbabwe: Service Delivery Intensity and Modality and Their Influence on the Age of Clients. Plos One, 9(5)

Bulstra, C. A., Hontelez, J. A. C., Otto, M., Stepanova, A., Lamontagne, E., Yakusik, A., El-Sadr, W. M., Apollo, T., Rabkin, M., UNAIDS Expert Group on Integration, Atun, R., & Bärnighausen, T. (2021). Integrating HIV services and other health services: A systematic review and meta-analysis. Plos Medicine, 18(11)

Gilbertson, A., Ongili, B., Odongo, F. S., Hallfors, D. D., Rennie, S., Kwaro, D., & Luseno, W. K. (2019). Voluntary medical male circumcision for HIV prevention among adolescents in Kenya: Unintended consequences of pursuing service-delivery targets. Plos One, 14(11)

Irpan, M., Kurnianti, I., Gunawan, G., Shaddiq, S., & Zainul, H. M. (2021). Branding Media Komunikasi dalam Manajemen Pemasaran terhadap Potensi Zakat Produktif pada Klinik Pratama Dhuafa Tersenyum. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 3(1), 24–45

Lestari, T., Muhammad, F., Alkatiri, R., Ismail, R., Febriyadi, F., Saudi, W., & Manoy, N. A. (2023). Khitan Massal dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Desa Balbar Sofifi. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 9–13. https://doi.org/10.26714/jipmi.v2i3.116

Pane, L., Matondang, A. R., & Ginting, R. (2013). Upaya Peningkatan Kualitas Jasa Kesehatan Menggunakan Integrasi Quality Function Deployment (Qfd) Dengan Analytical Hierarchy Process (Ahp). 1.

Perangin-Angin, R., Nababan, E. S. M., & Bu’ulolo, F. (2013). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Menggunakan Integrasi Metode Fuzzy ServquaL.

Rambe, R., Depiana Gultom, E., Rani, Z., Adawiyah Harahap, Y., & Sylvia Br. Ginting, O. (2023). Edukasi dan Penyuluhan Kesehatan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat dan Khitanan Massal Masyarakat Desa Marendal II. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 310–315. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v3i2.656

Sayuti, M., & Akbar, T. I. S. (2023). PEUGAH (Penyuluhan dan Edukasi Gerakan Anti Hernia) dan Sunatan Massal di Desa Reuleut, Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 2(1), 106. https://doi.org/10.29103/jmm.v2i1.9495

Susanto, Y., Rahim, A., & Irawan, A. (2021). Peningkatan Akses Layanan Kesehatan Masyarakat Desa Tatah Layap Melalui Pelayanan Kesehatan Gratis.

Wulandari, R., Resmadi, I., Murdowo, D., Mulyana, A., Pandita, R., Andrianawati, A., & Radja, T. M. (2022). E-kiosk dan Pelatihan Konten Digital Instagram untuk Peningkatan Layanan Kesehatan Klinik. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 939–947. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.10382

Yanuar, R. M. (2019). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus: Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul Sebagai Layanan Kesehatan dan Kegawatdaruratan).

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Asbath, A., Islaeli, I., Yusnayanti, C. ., Saparina, T. ., & Noviati, N. (2024). INTEGRASI LAYANAN SUNNAT MASAL DENGAN PEMERIKSAAN KESEHATAN UMUM DI KECAMATAN KAMBU, KOTA KENDARI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2894–2900. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26615