PELATIHAN EFIKASI DIRI PADA SISWA BARU SMK DI SURABAYA

Authors

  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya https://orcid.org/0000-0001-5780-514X
  • Olievia Prabandini Mulyana Universitas Negeri Surabaya
  • Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi Universitas Negeri Surabaya
  • Aulia Mufida Universitas Negeri Surabaya
  • Laura Novita Prasojo Universitas Negeri Surabaya
  • Amirafatin Salsabila Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2609

Keywords:

Pelatihan, Efikasi Diri, Siswa Baru, SMK

Abstract

Saat siswa baru memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi belum semuanya memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya untuk mengatur dan melakukan suatu tindakan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa baru SMK. Efikasi diri merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap individu khususnya bagi siswa yang baru memasuki jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Peserta pelatihan ini adalah siswa baru salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Surabaya yang berjumlah 60 orang. Siswa baru tersebut terdiri dari siswa yang berasal dari 3 kompetensi keahlian yaitu akuntansi dan keuangan lembaga, otomatisasi dan tata kelola perkantoran serta multi media. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, game, dan brainstorming sesuai materi. Hasil dari adanya pelatihan ini adalah siswa baru SMK dapat memiliki pengetahuan tentang keyakinan atas kemampuan dirinya sehingga dapat mengatur dan melakukan tindakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Author Biographies

Umi Anugerah Izzati, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Olievia Prabandini Mulyana, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Aulia Mufida, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Laura Novita Prasojo, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Amirafatin Salsabila, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

References

Adicondro, Nobelina dan Alfi Purnamasari. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Humanitas.Vol. VIII, No. 1, Januari 2011.

Bandura, A., Freeman, W.H., &Lightsey, R. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. In of Cognitive Psychiteraphy (Vol.13. Issue 2, pp. 158-166)

Hurlock. (2003). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga. Jakarta.

Nihaya, E. F. K. (2020). Peran Efikasi Diri tinggi dalam membentuk kemampuan berpikir kreatif matematika mahasiswa pada perkuliahan program linear. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 127.

Feist, J., & Feist, G.J. (2008). Theory of personality. (Edisi Keenam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriyanti, K., & Wilani, N. M. (2019). Pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap tingkat kecemasan berkomunikasi pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 771-781.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1.

Rustika, Made. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Albert Bandura. Jurnal Psikologi. Vol.20, No. 1-2, 2018

Downloads

Published

2021-10-28