SOSIALISASI DESAIN PRODUK MINYAK KARO UPAYA PENINGKATAN DALAM PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25871Keywords:
Desain Produk, Minyak Karo, PemasaranAbstract
Minyak karo merupakan produk kearifan lokal masyarakat desa tangkahan, kecamatan namorambe, kabupaten deli Serdang. Produk minyak karo dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Namun penggunaan minyak karo hanya untuk kalangan sendiri dan masyarakat lokal. Sehingga perlu dilakukan pengembangan minyak karo agar dapat dikenal oleh masyarakat luas baik daerah, nasional dan internasional. Upaya yang dilakukan adalah sosialisasi desain produk minyak karo yang menarik dengan tujuan untuk meningkatkan minat pembeli. Kegiatan dilakukan kepada pemberdayaan peracik minyak karo yaitu Ibu nande victor dan Bapak Jhon karo. Desain produk melibatkan oleh mahasiswa-mahasiswi STIKes Senior Medan. Selain itu, produk dipasarkan secara online. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan produksi minyak karo yang memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pendapatan ekonomi peracik minyak karo yang berdampak baik terdahap pengembangan masyarakat di desa. Desain produk yang menarik memberikan daya pikat kepada pembeli yang akhirnya dapat meningkatkan jumlah produksi.References
Ariella, IR. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(2): 215-221.
Atabik, A. (2018). Pemasaran Desain Produk Perpektif Hukum Ekonomi Syahri’ah. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law, 1(1): 87-97.
Erwinsyah & Nuriza D. (2024). Tradisi pemanfaatan Metode Pengobatan Tradisional dengan Menggunakan Minyak Urut karo Pada Suku Batak Karo. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1): 1-9.
Ginting, K. Br. (2022). Analisis Komposisi Minyak karo di Desa naman Kecamatan Naman Teran. Jurnal Ilmu Keislaman, 2(2): 57-61.
Listyawati IH. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk dalam Membanguun Minat Beli Konsumen. JBMA, III(1): 62-70.
Nurani, SR. (2015). Peranan Riset Pasar dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2): 127-130.
Saraswati, ML., Ari P., Wahyu H. (2015). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2): 1-10.
Simanjuntak, HA., Hermawan P., Defacto F Z dan Junius GG. (2023). Optimalisasi Manfaat Minyak Karo di Desa Tangkahan. Community Development Journal, 4(4): 9323-9326.
Simbolon J dan Rusman Z. (2023). Sosialisasi Pemasaran Online Minyak karo di Desa Lingga Kecamatan Simpangan IV Kabupaten Karo. Abdi Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2): 16-23.
Suari, MTY., Ni LWST dan Ni YY. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1): 26-33.
Susanto, A. (2019). Pengaruh Merek, Desain Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen pada Persebaya Store Gresik. JRE: Jurnal Riset Entreprenuership, 2(2): 62-67.
Tarigan, ARSB dan Pardomuan M. (2022). Minyak Karo Ertabas: Tinjauan Dogmatis Terhadap Pandangan Anggota Jemaat GBKP Runggun Kendit Mengenai Minyak karo Ertabas sebagai Sumber Kesembuhan. Jurnal Sabda Akademika, 2(2): 68-78
Yuliasmi S., Bayu EP., Henny SW dan Lia L. (2024). Edukasi Khasiat, Pembuat, dan Pengemasan Minyak Karo di Desa Semangat Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1): 123-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sahat Sinaga, Nurbaiti Br. Singarimbun, Elseria Saragih, Lydia Br. Barus, Sanna Kamisna Royani Purba, Suharni Pintamas Sinaga, Helen Anjelina Simanjuntak, Rini Febrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.