PELATIHAN PEMASARAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM

Authors

  • Latifah Wulandari Binti Asbaruna Universitas Ma'soem

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25504

Keywords:

Manajemen Pemasaran, Digital Marketing, UMKM.

Abstract

Desa Sembah merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Paseh,Majalaya Kabupaten Bandung. Masyarakat Desa Sembah banyak bergerak di ranah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai bahan untuk meningkatkan taraf perekonomian mereka. Namun permasalahan yang timbul adalah warga desa masih mengandalkan cara promosi konvensional seperti cara word of mouth (orang ke orang), melalui pasar tradisional atau hanya menunggu orang datang ke desa mereka untuk memasarkan produk mereka. Warga masih jarang bahkan tidak menggunakan keuntungan media sosial atau media digital untuk mempromosikan barang dagangan mereka agar lebih dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas. Fokus kegiatan ini adalah pelatihan pemasaran menggunakan digital marketing untuk UMKM. Pemilihan pengenalan konsep digital melalui internet dan mengurangi cara konvensional adalah karena kecanggihan informasi internet sangant mebantu pebisnis dalam mengembangkan usahanya. Dalam kesempatan ini kami mendampingi UMKM untuk mengoperasikan facebook dan ads, Instagram dan ads, e-commerce salah satunya shopee untuk menempatkan brand mereka, barang dagang berupa foto atau gambar produk untuk ditampilkan pada salah satu paltfrom tersebut. Penempatan tersebut untuk bertujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen barang apa saja yang tersedia dan yang dapat dibeli, selain itu memberikan pengetahuan tentang pentingnya berkomunikasi dan membalas setiap percakapan yang terjadi di semua platfrom sebagai bentuk pelayanan UMKM yang prima dan komunikasi dua arah diantara penjual dan pembeli. Pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan warga dan pelaku UMKM tentang pentingnya pemasaran secara digital, efektivitas dari pemasaran secara digital, dan kegunaan serta kemudahan yang didapat ketika menggunakan pemasaran digital dalam menjual produk mereka. Selain itu melalui kegiatan pendampingan yang dilakukan memberikan pemahaman dan kemampuan kepada masyarakat dan para pelaku UMKM untuk memulai mengoperasikan, mengerjakan penjualan mereka melalui penjualan digital. Sehingga kedepannya diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi pelaku UMKM.

References

Ariyanto, A. (2020) Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Asep Muhamad Ramdan, Siwiyanti, L., Komariah, K., & Saribanon, E. (2023). Manajemen Pemasaran. Haura Utama.

DetikInet (2021) Marketing Digital Jadi Arus Utama.

Erislan (2021) Implikasi Penggunaan Digital Marketing untuk Keunggulan Bersaing UMKM di Kabupaten Bandung.

Hanim, L. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. In Hak cipta dilindungi Undang-undang All Rights Reserved.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Kholis, A., Lubis, S., & Puddin, K. (2020). Penguatan Dan Perluasan Pemasaran Pelaku Umkm Terdampak Covid-19 Di Kecamatan Medan. Virtual Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIMED, November, 69–72. http://digilib.unimed.ac.id/41306/lppm.unimed.ac.id

Kosasi, S. (2014). Pro s id in g SNATIF Ke-1 Ta hun 2 01 4. Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsapasar, 225–232.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT Indeks.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Ramdan, A. M., & Siwiyanti, L. (2022). Pendampingan UMKM Terdampak Covid 19 Guna Meningkatkan Perekonomian Daerah Di Kota Sukabumi. Martabe, 5(3), 926–934. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/5804

Soehardjono (1998) Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Singkat Tentang Pemimpin Dan Kepemimpinan Serta Usaha-Usaha Pengembangannya. Malang: Apdn Malang Jawa Timur.

Tasrim, I. (2011). Kepemimpinan Visioner Dalam Proses Perubahan Di Sekolah Efektif (Studi Multikasus Pada Tiga Sekolah Dasar Di Kota Bunga).(Disertasi). In Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Asbaruna, L. W. B. . (2024). PELATIHAN PEMASARAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2549–2553. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25504

Similar Articles

<< < 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.