MANAJEMEN STRATEGIS PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SEMANGAT DALAM HANDIL BAKTI KABUPATEN BARITO KUALA

Authors

  • Devia Hetty Hernany Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Budi Setiawati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • M. Agus Humaidi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Amelia Puspita Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27722

Keywords:

as Pelayanan, Pemerintahan Desa, Pelayanan Publik

Abstract

Pemerintah desa merupakan salah satu pihak yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pemberian pelayanan publik. Baik atau buruk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan tergantung pada kualitas dan kuantitasnya, efektivitas dan efesiensinya. Kualitas aparat pemerintah tercermin dari kemampuannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan beban tugas masing-masing, dalam meningkatkan pelayanan publik pemerintah desa diberikan keleluasaan untuk merancang dan menentukan sendiri jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pemerintah Desa mempunyai peranan yang sangat penting terhadap akselerasi (pelaksanan implementasi) dari pada pelayanan publik karena peranan pemerintah di desa yang salah satu fungsinya ialah sebagai penyelenggara pemerintahan harus mampu untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan dalam menunjang keberhasilan dari pada proses penyelenggaraan pemerintahan yang ada di desa lewat kebijakan-kebijakan yang di implementasikan atau yang dilaksanakan guna mewujudkan  kesejahteraan masyarakat

References

Akdon. 2007. Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fred, R.D. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/20979/15016

Ibrahim, A. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju

Mokoginta, M. Lengkong, D. F. Rares, J. 2015. Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Malalayang Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik Universitas Sam Ratulangi. 3 (31).

Pearce II, J.A. dan Robinson, R.B. 2008. Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat

Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Robinson, K.T. Kiyai, B. Mambo, R. 2019.

Strategi Pemerintah dalam Meningkatkan Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Administrasi Publik Universitas Sam Ratulangi. 5 (84).

Samboy, L.N. Kiyai, B. Laloma, A. 2015. Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Hernany, D. H. ., Setiawati, B. ., Humaidi, M. A. ., & Puspita, A. . (2024). MANAJEMEN STRATEGIS PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SEMANGAT DALAM HANDIL BAKTI KABUPATEN BARITO KUALA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3948–3953. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27722