PELATIHAN PENGEMBANGAN STRATEGI SEKRETARIS TERHADAP ADMINISTRASI PERUSAHAAN D’CUCI LAUNDRY

Authors

  • Yustina Elisabeth Ndari Resi Universitas Pendidikan Nasional
  • I Putu Dharmawan Pradhana Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Ketut Arniti Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27749

Keywords:

Peran, Strategi, Sekretaris, Administrasi

Abstract

Peran strategi sekretaris ditinjau dari aspek administrasi merupakan suatu strategi dalam melakukan perkembangan untuk administrasi perusahaan. Dalam perkembangan ini sekretaris memberikan yang terbaik untuk memastikan tercapainya peningkatan citra perusahaan melalui pengelolaan administrasi perusahaan dengan pihak internal maupun eksternal. Untuk memenuhi tuntutan peran yang semakin kompleks ini, pengembangan profesional bagi sekretaris menjadi sangat penting. Terdapat beberapa pendekatan yang dapat diambil untuk mencapai hal ini. Pertama, pengelolaan waktu yang baik menjadi dasar yang esensial. Kemampuan untuk mengatur prioritas dan menjalankan tugas-tugas dengan efisien akan memberikan kontribusi besar pada produktivitas perusahaan. Peran sekretaris saat ini telah berkembang menjadi sebuah peran strategis yang memiliki dampak besar terhadap operasional dan citra perusahaan. Untuk menjalankan peran ini dengan sukses, pengembangan profesional menjadi kunci utama. Dengan menguasai manajemen waktu, komunikasi efektif, prinsip toleransi, serta memanfaatkan lima kekuatan sebagai fondasi, sekretaris dapat berkontribusi secara signifikan pada kesuksesan perusahaan. Dalam pengembangan profesional ini, lima kekuatan menjadi fondasi yang kokoh: kekuatan penget  ahuan, kekuatan sikap mental, kekuatan tindakan, kekuatan relasi, dan kekuatan kepercayaan serta pemahaman.

References

Anindya, A. P., & Iva Mindhayani. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3954

Drajat. (2009). ANALISIS PEMANFAATAN FASILITAS PERUSAHAAN.

Hendarto dan Tulus haryono. (2008). PERAN SEKRETARIS KANTOR.

Istianingsih (2012: Peran Strategi Bersaing Dalam. In Jurnal Akuntansi: Vol. XVI (Issue 02).

Ilmiah, J., Tsarwah, A., Bahri, R., Naharia, H., Al, S., & Makassar, F. (n.d.). Pengembangan Usaha Jasa Laundry dalam Meningkatkan Pendapatan Marginal rumah tangga dalam Perspektif Ekonomi Islam di Watampone (Studi Pada Octa Laundry).

Keunggulan, M., & Perusahaan, B. (n.d.). PERANAN STRATEGI OPERASI DALAM.

Mulyapradana, A., Psi, S., Politeknik, M. A., Pekalongan, P., Indah, A., & Politeknik, L. (2018). Tata Kelola Administrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT. BAM Kabupaten Tegal. In Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol (Vol. 1).

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Resi, Y. E. N. ., Pradhana, I. P. D. ., & Arniti, N. K. . (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN STRATEGI SEKRETARIS TERHADAP ADMINISTRASI PERUSAHAAN D’CUCI LAUNDRY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3993–3997. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27749