PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SMPN 1 SEMAU SELATAN

Authors

  • Aloysius Fernandez Universitas Katolik Widya Mandira
  • Agapitus Hendrikus Kaluge Universitas Katolik Widya Mandira
  • Meryani Lakapu Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Gracia Manoe Gawa Universitas Katolik Widya Mandira
  • Aysanti Yuliana Paulus Universitas Citra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25493

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Impelementasi, Pembelajaran, Asesmen, Projek

Abstract

Kegiatan pengadian kepada Masyarakat di SMPN I Semau Selatan ini untuk menjawabi kurannya pemahaman untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Kurangnya pengetahuan Implemntasi Kurikulum Merdeka ini sebagai akibat dari keberadaan sekolah yang mempunyai jarak jauh dari pusat kabupaten. Permaslahan inin kemudian diatasai dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat. Metode yang digunakan dengan ceramah dan diskusi dengan kepala sekolah dan guru-guru. Konsep karakteristik Kurikulum Merdeka, pembelajaran, penyusunan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran serta Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dipaparkan dalam kegiatan ini.  Hasil yang diperoleh bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhahpip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, L. R. (2022). Pembelajaran dan Asesmen. Kepala Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknolog, 123.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Hastasasi, W. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Issue April).

Hidayati, Z., & Nurdi. (2022). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(01), 96–105.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Fernandez, A., Kaluge, A. H. ., Lakapu, M. ., Gawa, M. G. M. ., & Paulus, A. Y. . (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SMPN 1 SEMAU SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2554–2560. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25493

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.