PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS CANVA UNTUK GURU SDN 14 KOBA KABUPATEN BANGKA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25272Keywords:
Bahan Ajar Digital, CanvaAbstract
Keterbatasan kemampuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar dalam proses pembelajaran disebabkan oleh kurangnya kompetensi guru dan usia guru yang tidak lagi muda menjadi dasar pelaksanaan pelatihan pembuatan bahan ajar digital berbasis canva. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas guru dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pada kegiatan pengabdian pada masyarakat ini terdapat 3 tahapan kegiatan yang akan dilakukan yang pertama yaitu melakukan pelatihan pembuatan bahan ajar menggunakan aplikasi canva berupa tutorial pembuatan, serta tips and trick pembuatan bahan ajar yang menarik dan efektif dalam pembelajaran, tahapan yang kedua yaitu melakukan pendampingan pembuatan bahan ajar digital berbasis canva, dan yang terakhir tahapan evaluasi. Setelah mengikuti pelatihan pembuatan bahan ajar digital berbasis canva, guru memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan dan membuat bahan ajar berbasis canva. Namun, diperlukan pelatihan secara berkala dan berkelanjutan untuk mengambangkan potensi dan kompetensi guru dalam pembuatan bahan ajar digital.References
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.”Halaqa: Islamic Education Journal 3(1):35–42. doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Resmini, Setya, Intan Satriani, and M. Rafi. 2021. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Abdimas Siliwangi 4(2):335–43.
Rizanta, Gilang Alfinandika, and Meilan Arsanti. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Masa Kini.” Prosiding Seminar Nasional Daring 2:560–68.
Tri Wulandari, and Adam Mudinillah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 2(1):102–18. doi: 10.32665/jurmia.v2i1.245.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Silvio Juliana Nabela, Yurdayanti Yurdayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










