PERANAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SMP N 23 BENGKULU SELATAN

Authors

  • Vika Apriliani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fahmi Arisandi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Irwandi Irwandi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rekho Adriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25235

Keywords:

Penerapan, Pojok Baca, Budaya Literasi

Abstract

Berdasarkan anjuran pemerintah melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (permendikbud) nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi perkerti luhur kepada peserta didik dengan mengembangkan gerakan literasi sekolah (GLS). Salah satu upaya pada GLS ini adalah dengan penerapan pojok baca atau literasi di kelas guna menumbuhkan budaya literasi siswa. Pojok baca merupakan pemanfaatan sudut ruangan kelas yang dirancang khusus untuk membantu siswa meningkatkan minat dan kemampuan membaca mereka, pojok baca biasanya berisi buku fiksi dan non fiksi Penerapan pojok baca untuk menumbuhkan budaya literasi ini dilakukan di SMP N 23 Bengkulu Selatan melalui tiga tahap yaitu tahap pesiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian yang di lakukan adalah untuk memotivasi dan meningkatkan minat baca siswa, maka dari itu para siswa diminta untuk melakukan kegiatan literasi yakni membaca buku dan menceritakan kembali isi bacaan buku. Hasil penelitian menunjukan dengan adanya pojok baca di ruang kelas siswa memiliki kebiasaan membaca buku.  Mendirikan pojok baca merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan minat baca siswa

References

Islam, Nur Falah, and Dhea Adela. 2023. “Implementasi Program Pojok Baca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di SDN Sawahlega.” Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(2):2762–69. doi: 10.36989/didaktik.v8i2.587.

Kurniawan, Wahyu, Anam Sutopo, and Minsih. 2021. “Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura.” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):37–42. doi: 10.54259/pakmas.v1i1.31.

Sari, Citra Pratama. 2018. “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas Iv.” Basic Education 7(32):3–128.

Studi, Program, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, and Fakultas Tarbiyah. 2023. “Reza Aprilia 19591180.”

Thahir, Rahmatia, Muhammad Wajdi, Anisa, Nurdiyanti, Nurul Fadhilah, and Nurul Magfirah. 2021. “Jurnal Abdimas Patikala.” Jurnal Abdimas Patikala 1(1):7–15.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Apriliani, V. ., Arisandi, F. ., Irwandi, I., & Adriadi, R. . (2024). PERANAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SMP N 23 BENGKULU SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1317–1321. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25235

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.