PENCEGAHAN PATOLOGI BIROKRASI MELALUI REFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK DI DESA SUKAMAKMUR

Authors

  • Juliansyah Afriadi Hasibuan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rachmat Ramdani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kariena Febriantin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25037

Keywords:

Patologi, Birokrasi, Administrasi, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa terkait pencegahan patologi birokrasi dengan melakukan reformasi administrasi pelayanan publik pada Desa Sukamakmur. Birokrasi pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik dituntut bergerak cepat dan tepat sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal. Akan tetapi penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia masih dihadapkan pada sistem yang belum efektif dan efisien. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Teknik tersebut digunakan peneliti, karena suatu fenomena itu akan dimengerti maknanya secara baik, apabila peneliti melakukan interaksi dengan subyek penelitian dimana fenomena tersebut berlangsung. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu patologi birokrasi pada Desa Sukamakmur Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang meliputi penempatan tujuan dan sasaran yang tidak tepat, kewajiban sosial sebagai beban, kondisi kerja yang kurang memadai; pekerjaan tidak kompatibel, tidak adanya indikator kinerja; dan sarana yang tidak memadai.

References

Anwar, H., Mulyadi, M., & Helmi, H. (2023). NETRALITAS BIROKRASI DAN PELAYANAN PUBLIK DALAM KELINDAN POLITIK PRAKTIS PEMILU 2024 DI KABUPATEN SUMENEP. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1).

Borut, M. (2021). Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Haulussy Kota Ambon. HIPOTESA-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 14-30.

Despareza, H., & Budiono, P. (2023). URGENSI DESENTRALISASI ADMINISTRASI DI INDONESIA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(6), 2963-2970.

Fidiyanti, A. D., & Ismail, H. (2023). ETIKA PERILAKU PELAKSANA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI KLAMPID NEW GENERATION DI KELURAHAN MEDOKAN SEMAMPIR. PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469), 3(02), 87-94.

Handoyo, B. D., Arisyahidin, A., & Daroini, A. (2022). Identifikasi Patologi Birokrasi Guna Mewujudkan Good Governance Di Kantor Kelurahan Pemerintah Kota Kediri. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 228-236.

Hasyem, M., & Ferizaldi, F. (2020). Fenomena Pungli dan Patologi Birokrasi. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 14(2), 147-162.

Holifah, N., Ikmal, N. M., & Hidayati, L. N. (2023). Patologi Birokrasi Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa (Tinjauan Terhadap Fenomena “Pungli Anggaran Pembangunan”). Prosiding Nasional FISIP Universitas Islam Syekh-Yusuf, 1, 1-9.

Jubaedah, E., & Agustino, L. (2023). Mekanisme Penyederhanaan Birokrasi Melalui Penyetaraan dan Pengalihan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional di Kabupaten Serang. JDKP Jurnal Desentralisasi dan Kebijakan Publik, 4(2), 61-71.

Ramadhan, K. R., Hakim, L., & Aditya, I. (2023). PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI E-KTP DI KELURAHAN MALAKA SARI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Saktiananda, R. A., Fautanu, I., & Mau, H. A. (2023). Penguatan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja ASN Kemendagri Republik Indonesia. Perfecto: Jurnal Ilmu Hukum, 1(3), 145-152.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Hasibuan, J. A., Ramdani, R. ., & Febriantin, K. . (2024). PENCEGAHAN PATOLOGI BIROKRASI MELALUI REFORMASI ADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK DI DESA SUKAMAKMUR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1881–1886. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25037

Similar Articles

<< < 37 38 39 40 41 42 

You may also start an advanced similarity search for this article.