PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN USAHA UMKM SALAD BUAH SIANTAR PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Christine Dewi Nainggolan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Novita Butarbutar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung,
  • Musa F. Silaen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Hendrick Sasimtan Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Liper Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24698

Keywords:

Kuliner Dessert, Keberlanjutan, Digital Marketing, Pengelolaan Keuangan.

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian daerah. Pemanfaatan Digital Marketing dan Pengelolaan Keuangan yang tepat adalah  menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kinerja pengembangan usaha UMKM. UMKM Salad Buah Siantar adalah salah satu jenis usaha mikro yang bergerak di bidang usaha kuliner dessert. Produk dessert yang dihasilkan yaitu aneka puding, aneka salad buah, parsel buah, cemilan, kue dan minuman beserta Fruit Tart. Metode pelayanan ini meliputi pelatihan intensif dan bimbingan langsung bagi UMKM di Salad Buah Siantar Pematang Siantar. Pelatihan berfokus pengenalan  digital marketing, antara lain: penggunaan media sosial, pembuatan situs web, periklanan digital, dan strategi pemasaran online lainnya. Selain itu, pelatihan tersebut berfokus pada pengelolaan keuangan dasar, termasuk pencatatan pendapatan dan pengeluaran, perencanaan anggaran, dan penggunaan alat  keuangan. Luaran yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan keterampilan pemanfaatan digital marketing dan pengelolaan keuangan UMKM di Salad Buah Siantar Pematang Siantar. Peningkatan ini diharapkan dapat membantu UMKM meningkatkan awareness terhadap produk dan layanannya melalui digital marketing, mengoptimalkan penggunaan sumber daya keuangan, serta mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

References

Akbar, F. (2022). Financial Management Behavior Pada UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Prima, 4(1), 127–137. https://doi.org/https://doi.org/10.34012/japri.v4i1.2627

Bambang, A. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Herawati, N. T. (2016). Pelatihan Dasar-Dasar Keuangan Untuk Meningkatkan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jubelio. (2021). 6 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Dagang Paling Efektif.

Opreana, Alin & Vinerean, S. (2015). A New Development in Online Marketing: Introducing Digital Inbound Marketing. Expert Journal of Marketing.

Tiago & Verissimo. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Kelley School of Business, Indiana University.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Nainggolan, C. D. ., Butarbutar, N. ., Silaen, M. F. ., Putra, H. S. ., & Siregar, L. . (2024). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN USAHA UMKM SALAD BUAH SIANTAR PEMATANG SIANTAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 575–580. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24698