PENGGUNAAN ALAT PERAGA OBIBUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIB
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.24411Keywords:
Alat Peraga , Hasil Belajar Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan BulatAbstract
Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas VIIB SMPN 25 Bengkulu Utara. Kegiatan pembelajaran ini di lakukan secara luring di awal semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan melibatkan siswa kelas VIIB. Metode yang digunakan oleh penulis untuk membuat jurnal ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Artikel ini akan membahas penggunaan alat peraga obibul untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN 25 Bengkulu Utara pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulatReferences
AmImelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2014). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2), 1-13.
Ardiansyah, Hamid, H., & Mucti, A. (2019). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Bilangan dalam Menyelesaikan Soal Cerita SMPN 2 Tanjung Palas. Matematika Education and Application Journal (META), 1 (1), 19-25.
Buschman, L. (2004). Teaching Problem Solving in Mathematics. Teaching Children Mathematics, 10(6), 302– 309. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/41199784
Jumri, Rahmat, and Boby Engga Putra Damara. 2020. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 05(2): 153–60. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.
Muhsin, A. (2012). Mengenal Bilangan Bulat dan Operasinya. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka (Persero).
Mulyani, N. M. S., Suarjana, I. M., & Renda, N.T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 266-274.
Nurjannah, N., Danila, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 68-79
P Wilianggi, S Riwayati, R Jumri, dkk (2022). Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar Segiempat Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di SDN 190 Bengkulu Utara. 127–132
Purwanto, Herey. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas Mu’minin Larangan. Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.
Rusilowati, Ani, M Taufiq, and Budi Astuti. 2019. “Keefektifan Media Pembelajaran Mogabli Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 02 Baleraksa Purbalingga.” Jurnal Profesi Keguruan 5(1): 15–22.
St. Hasmiah Mustamin (2018). Penggunaan Alat Peraga Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 5 No. 2, Desember 2018, pp. 170-18.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Sukayati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Pembelajaran di SD. Yogyakarta.
Sundayana, H. Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Suwardi, Masni, E.F., Rohayati. (2014) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini Suwardi, Masni Erika Firmiana, Rohayati. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vo. 2, No.4, September 2014. hal 297 – 305
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 1-1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rangga Siswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










