PENGGUNAAN ALAT PERAGA OBIBUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIB

Authors

  • Rangga Siswanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nyayu Masyita Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Masri Masri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kashardi Kashardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rekho Adriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.24411

Keywords:

Alat Peraga , Hasil Belajar Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Abstract

Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas VIIB SMPN 25 Bengkulu Utara. Kegiatan pembelajaran ini di lakukan secara luring di  awal semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan melibatkan siswa kelas VIIB. Metode yang digunakan oleh penulis untuk membuat jurnal ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Artikel ini akan membahas penggunaan alat peraga obibul untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN 25 Bengkulu Utara pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

References

AmImelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2014). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2), 1-13.

Ardiansyah, Hamid, H., & Mucti, A. (2019). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Bilangan dalam Menyelesaikan Soal Cerita SMPN 2 Tanjung Palas. Matematika Education and Application Journal (META), 1 (1), 19-25.

Buschman, L. (2004). Teaching Problem Solving in Mathematics. Teaching Children Mathematics, 10(6), 302– 309. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/41199784

Jumri, Rahmat, and Boby Engga Putra Damara. 2020. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 05(2): 153–60. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.

Muhsin, A. (2012). Mengenal Bilangan Bulat dan Operasinya. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka (Persero).

Mulyani, N. M. S., Suarjana, I. M., & Renda, N.T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 266-274.

Nurjannah, N., Danila, D., & Fitriani, F. (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 68-79

P Wilianggi, S Riwayati, R Jumri, dkk (2022). Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar Segiempat Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di SDN 190 Bengkulu Utara. 127–132

Purwanto, Herey. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas Mu’minin Larangan. Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.

Rusilowati, Ani, M Taufiq, and Budi Astuti. 2019. “Keefektifan Media Pembelajaran Mogabli Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 02 Baleraksa Purbalingga.” Jurnal Profesi Keguruan 5(1): 15–22.

St. Hasmiah Mustamin (2018). Penggunaan Alat Peraga Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 5 No. 2, Desember 2018, pp. 170-18.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sukayati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Pembelajaran di SD. Yogyakarta.

Sundayana, H. Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Suwardi, Masni, E.F., Rohayati. (2014) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini Suwardi, Masni Erika Firmiana, Rohayati. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vo. 2, No.4, September 2014. hal 297 – 305

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 1-1

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Siswanto, R. ., Jumri, R. ., Ariani, N. M. ., Masri, M., Riwayati, S. ., Kashardi, K., & Adriadi, R. . (2023). PENGGUNAAN ALAT PERAGA OBIBUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIB . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13678–13683. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.24411

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.