OPTIMALISASI STRATEGI BRANDING, MARKETING DAN EDU WISATA KAMPUNG GLINTUNG WATER STREET

Authors

  • Ana Sopanah Universitas Widyagama Malang
  • Hartini Prasetyaning P Universitas Widyagama
  • Untung Wahyudi Universitas Widyagama
  • Anshari Malim Aksar Universitas Widyagama
  • Nur Laely Hamzah Universitas Widyagama
  • Synda Lailatus Nadiva Universitas Widyagama

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24273

Keywords:

Strategi Marketing, Branding, Edu Wisata

Abstract

Kampung tematik merupakan salah satu konsep inovatif dalam pengembangan pariwisata di desa-desa. Jurnal ini membahas tentang optimalisasi strategi branding, marketing, dan pendidikan (edu wisata) yang diterapkan dalam konteks kampung tematik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode dan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan daya tarik, visibilitas, dan keberlanjutan kampung tematik sebagai destinasi wisata yaitu 1) Promosi Online. 2) Promosi Offline. 3)  Pelatihan pengelolaan media sosial. 4) Positioning Marketing Strategy. 5) Relationship Marketing.  Dalam Tahap tersebut mengoptimalisasi strategi branding, langkah-langkah seperti identifikasi nilai-nilai inti kampung tematik, penciptaan identitas yang unik, dan penggunaan media sosial untuk membangun citra merek yang kuat menjadi fokus utama. Di samping itu, penguatan kolaborasi dengan pihak terkait seperti pemerintah daerah dan industri pariwisata juga merupakan bagian integral dari strategi branding. Kemudian, dalam aspek pemasaran, jurnal ini membahas strategi pemasaran yang relevan, seperti pemanfaatan teknologi digital, penggunaan data analitik untuk mengidentifikasi tren dan preferensi wisatawan, serta pengembangan paket wisata yang menarik dan berkelanjutan. Dengan menggabungkan pendekatan online dan offline, kampung tematik Glintung Water Street dapat mencapai audiens yang lebih luas dan beragam. 

References

Albet, P., & Dewi, S. I. (2019). Strategi Branding Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam Membentuk Image Sebagai Kota Pariwisata. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(2), 107-115.

Habsy, B. A. (2017). Seni memahami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. Pearson.

Sopanah, A., Iswari, H. R., Nurdiyansyah, F., & Sulistyan, R. B. (2023). Eksistensi Dan Peningkatan Kemandirian Ekonomi Sanggar Gong Pro Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1355-1365.

Smith, P. R., & Zook, M. (2018). The marketing of cities. Routledge.

Winahyu, D. (2021, November 27). Sajikan Wisata Edukatif, Kampung Glintung Water Street Hadirkan Festival Urban Farming. Retrieved from malangpriwara: https://malangpariwara.com/2021/11/27/sajikan-wisata-edukatif-kampung-glintung-water-street-hadirkan-festival-urban-farming/

Waryszak, R. (2019). Destination branding: A practical guide to creating a successful destination brand. Routledge.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Sopanah, A. ., P, H. P. ., Wahyudi, U. ., Aksar, A. M. ., Hamzah, N. L. ., & Nadiva, S. L. . (2024). OPTIMALISASI STRATEGI BRANDING, MARKETING DAN EDU WISATA KAMPUNG GLINTUNG WATER STREET. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 923–930. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24273

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.