PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DENGAN METODE ROLE - PLAY BAGI SISWA SMP SIT IKHTIAR

Authors

  • Merla Madjid Politeknik ATI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23689

Keywords:

Speaking, Metode Role-play, Pre Test, Post test.

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan bercakap (speaking) mereka dengan menggunakan metode Role-play (bermain peran).  Pengabdian Masyarakat ini dikemas dalam bentuk proses pengajaran selama lima pertemuan dengan melibatkan Siswa kelas 2 SMP SIT Ikhtiar. Pelaksanaan Program pengajaran ini juga untuk mengetahui apakah metode roleplay dalam pengajaran percakapan (Speaking) bahasa Inggris   memiliki pengaruh positif pada peningkatan kemampuan bercakap Siswa SMP IT Ikhtiar. Penggunaan Metode ini juga diharapkan dapat membantu membangun rasa percaya diri Siswa saat bercakap dengan berbagai situasi yang berbeda. Setelah pelaksanaan Program Mengajar selama lima pertemuan dan pelaksanaan Pre Test dan Post -Test, diperoleh hasil yang signifikan. Metode Ropel–Play dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bercakap bahasa Inggris serta membangun memotivasi mereka,dan menjadi sebuah metode efektif dalam mengajarkan percakapan Bahasa Inggris,  khususnya mereka yang agak kurang. Metode ini juga mampu meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa. Metode ini juga mampu membuat mahasiswa aktif berbicara karena tertarik pada peran – peran yang dikemas dalam bentuk percakapan singkat dan sederhana.

References

Djamarah Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B, Uno. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Makarao,Nurul Ramadhani.2009. Metode Mengajar Dalam Bidang Kesehatan. Bandung:Alfabeta

Moedjiono & Moh. Dimyati. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta UNY.

Purnaningsih, Pari, Nur Najibah Sukmawati & Resti Isnaneny. 2022. Penerapan Role Play dalam Basic English Conversation Untuk Anak-anak Griya Yatim Dhuafa Permata Pamulang. JOURNAL OF COMMUNITY RESEARCH AND SERVICE. Vol. 6 No. 2, August 2022. ISSN (print): 2549-1849 ISSN (online): 2549-3434. Available online at https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jcrs/index

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: PT. Ciputat Press.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Sukaryati, Nurfiah. 2021. Role Playing Bantu Tingkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Diunduh pada tgl 31 Mei 2023, dari:

https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/05/23/role-playing-bantu-tingkatkan-keterampilan-berbicara-bahasa-inggris/

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Madjid, M. . (2023). PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DENGAN METODE ROLE - PLAY BAGI SISWA SMP SIT IKHTIAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13318–13324. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23689

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.