DAMPAK LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisaa' Fithrah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juli Arimar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laili Qomariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23539

Keywords:

Halal Products, Labels, UMKM

Abstract

Sebagai negara dengan populasi Islam terbesar di dunia, Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar terhadap perkembangan industri halal dan syariah. Namun sayangnya, potensi tersebut belum diimbangi dengan prestasi yang baik di tingkat global. Kehalalan suatu produk menjadi kebutuhan wajib bagi setiap konsumen, terutama konsumen muslim. Lokasi penelitian yang dipilih ada 2 lokasi yaitu Lokasi yang pertama tepatnya di Jln. William Iskandar, Kecamatan Medan Tembung. pada tanggal 26 Oktober 2023 tepatnya di depan sekolah Man 2 Medan. Lokasi kedua tepatnya di Jalan William Iskandar Ps.V Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 3 November 2023 tepatnya di Kampus II UIN Sumatera Utara.Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana label halal mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam konteks global yang semakin meningkatkan kesadaran tentang konsumsi yang bertanggung jawab, label halal telah menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian konsumen, khususnya di kalangan komunitas Muslim. Label halal memberikan jaminan bahwa produk tersebut diproduksi sesuai dengan hukum Islam, yang mencakup aspek seperti bahan, proses produksi, dan penanganan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Konsumen cenderung memilih produk dengan label halal dibandingkan produk tanpa label tersebut. Penelitian ini menunjukkan pentingnya label halal dalam industri konsumen dan menyoroti perlunya standar yang konsisten dan dapat dipercaya untuk label halal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Field Research, atau penelitian lapangan, metode penelitian ini yang melibatkan pengumpulan data primer langsung dari sumbernya,dan menggunakan teknik wawancara kepada para pedangang kaki lima.

References

Andriati, N., & Hidayati, N. W. (2019). Program Bimbingan Pribadi Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Smp Koperasi Pontianak. … Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 53–67. http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/1253

Astogini, D., Wahyudin, & Wulandari, S. Z. (2011). Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal. Jeba, 13(1), 1–8.

Hukum, F., Muhamadiyah, U., & Utara, S. (2020). Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle). Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55357/is.v1i1.16

Lim charity, M. (2017). Jaminan Produk Halal di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 14(1), 99–108. http://www.

Setiawan, S., & Mauluddi, H. A. (2019). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Halal Di Kota Bandung. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(2), 232–246. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i2.1849

Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Abdurrahman, A., Fithrah, A. ., Arimar, J. ., & Qomariah, L. . (2024). DAMPAK LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 257–260. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23539

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.