PENGARUH PERMAINAN QUARTED FLASH CARD TERHADAP PEMAHAMAN SISWA SMA-LB DI SLB NEGERI SURAKARTA

Authors

  • Silviana Pusparindi Anindita ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Arika Tri Afrika Sari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Yuli Widyastuti ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Nurul Istiqomah ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Heni Purwaningsih ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23461

Keywords:

Penyakit Menular Dan Tidak Menular, Metode Permainan, Quarted Flash Card (QFC

Abstract

Dalam UU RI Nomor 23 Tahun 2002 pasal 44 ayat 1-3 dan UU RI Tahun 2009 pasal 128 yangmelindungi anak-anak dari ketertindasan dan keterbelakangan akibat kelemahan fisik. Untuk mencegah angka kesakitan meningkat, derajat kesehatan menurun dan memenuhi hak bagi ABK di SLB Negeri Surakarta, solusi yang dapat diberikan yaitu dengan melakukan pengabdian masyarakat pendidikan kesehatan pada siswa dan siswi tentang penyakit menular dan tidak menular serta cara pencegahannya yang disampaikan menggunakan metode permainan edukatif quarted flash card. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan wawasan kepada siswa SMPLB tentang penyakit menular dan tidak menular serta pentingnya pendidikan kesehatan untuk ABK menggunakan metode permainan quarted flash card (QFC). Selain itu dapat memberikan metode yang baru untuk guru-guru dalam pelasanaan proses belajar mengajar dalam bidang akademik pada siswa dan siswi ABK. Dari kegiatan ini diharapkan nantinya siswa dan siswi mampu menerapkan dikehidupan sehari-hari dengan itu angka morbditas akan menurun dan meningkatkan derajat kesehatan. Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada ABK selama pelaksanaan. Pemberian solusi terhadap masalah yang terdapat pada mitra dengan metode permainan edukatif quarted flash card terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah pemberian, yang dibuktikan dengan hasil kegiatan yang menunjukan adanya peningkatan pemahaman mitra melalui nilai kuisioner setelah diberikannya pendidikan kesehatan menggunakan metode permainan edukatif quarted flash card.

References

Afriana, I., & Festiyed, F. (2022). Pengembangan Assessment Autentik Didasarkan Lkpd Terintegrasi Literasi Digital Untuk Menilai Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 90. Https://Doi.Org/10.24036/Jppf.V8i1.116565

Basuki, B. (2019). Meningkatkan Speaking Skill Siswa Menggunakan Media Twincards Dengan Teknik Permainan Kelas Viii-A Smp Negeri 1 Kalitengah Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 24–35. Https://Doi.Org/Jurnal.Unisda.Ac.Id/Index.Php/Pentas/Article/View/1520

Bihler, L.-M., Agache, A., Schneller, K., Willard, J. A., & Leyendecker, B. (2018). Expressive Morphological Skills Of Dual Language Learning And Monolingual German Children: Exploring Links To Duration Of Preschool Attendance, Classroom Quality, And Classroom Composition. Frontiers In Psychology, 9, 888. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2018.00888

Cahyani, S. D., & Sukidi, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sdn Candipari 1 Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12).

Hamann, E. T., & Catalano, T. (2021). Picturing Dual Language And Gentrification: An Analysis Of Visual Media And Their Connection To Language Policy. Language Policy, 20(3), 413–434. Https://Doi.Org/10.1007/S10993-021-09585-1

Hardiati, I., & Juhri, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Materi Organisasi Di Lingkungan Masyarakat. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(1), 51–60. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.32678/Primary.V10i1.1258

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning With Multimedia: The Effects Of Gender, Type Of Multimedia Learning Resources, And Spatial Ability. Computers & Education, 146, 103747. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2019.103747

Lestari, W. I. S., Hermita, N., & Kurniaman, O. (2019). Application Of Paikem Gembrot Learning Model To Improve Fifth Graders’ Science Learning Motivation. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (Jtlee), 2(2), 164–173.

Logayah, D. S., Salira, A. B., Kirani, K., Tianti, T., & Darmawan, R. A. (2023). Pengembangan Augmented Reality Melalui Metode Flash Card Sebagai Media Pembelajaran Ips. Jurnal Basicedu, 7(1), 326–338. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4419

Mukminatien, N., Yaniafari, R. P., Kurniawan, T., & Wiradimadja, A. (2020). Clil Audio Materials: A Speaking Model For Library Science Department Students. International Journal Of Emerging Technologies In Learning, 15(7).

Newton, J. M., & Nation, I. S. P. (2020). Teaching Esl/Efl Listening And Speaking. Routledge.

Nur Agus Salim. (2021). Workshop Penerapan Model Pembelajaran Pakem Di Smp Pgri I Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (Jpkpm), 1(1), 20–25. Https://Doi.Org/10.24903/Jpkpm.V1i1.722

Oktaviani, E., Susmini, S., & Ridawati, I. D. (2022). Permainan Edukatif Quarted Flash Card (Qfc) Sebagai Media Promosi Kesehatan Penyakit Menular Dan Tidak Menular Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(7), 2216–2225. Https://Doi.Org/10.33024/Jkpm.V5i7.6298

Pollard-Durodola, S. D., Gonzalez, J. E., Saenz, L., Resendez, N., Kwok, O., Zhu, L., & Davis, H. (2018). The Effects Of Content-Enriched Shared Book Reading Versus Vocabulary-Only Discussions On The Vocabulary Outcomes Of Preschool Dual Language Learners. Early Education And Development, 29(2), 245–265. Https://Doi.Org/10.1080/10409289.2017.1393738

Putri, A. K., & Setiadi, H. W. (2021). Pengembangan Media Flash Card Berbantuan Metode Silaba Pada Kemampuan Membaca Siswa. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 15–19.

Putri, A. K., & Setiadi, H. W. (2022). Pengembangan Media Flash Card Berbantuan Metode Silaba Pada Kemampuan Membaca Siswa. Pelita?: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 15–19. Https://Doi.Org/10.56393/Pelita.V1i1.107

Setia Ningsih, D., Iskandar, I., & Syahbani, N. (2020). Penerapan Model Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas Vii A Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Jambi. Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Http://Repository.Uinjambi.Ac.Id/Id/Eprint/5687

Shilfani, S., Biringkanae, A., Taulabi, N., & Sudarsi, E. T. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Kepada Guide Cilik Dengan Menggunakan Media Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Pada Lokasi Wisata Ke’te’kesu’toraja Utara. Madaniya, 4(3), 1288–1294. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53696/27214834.545

Sitio, H., Habaean, W. L., Sianipar, H. H. D., & Simarmata, G. (2023). Sosialisasi Model Pembelajaran Index Card March Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(1), 8–17. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54066/Jkb-Itb.V1i1.86

Suharnita, E., Armis, A., & Anggraini, R. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbantuan Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Algoritma: Journal Of Mathematics Education, 3(1), 11–26.

Utami, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 137. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V7i1.5346

Ylinen, S., Smolander, A.-R., Karhila, R., Kakouros, S., Lipsanen, J., Huotilainen, M., & Kurimo, M. (2021). The Effects Of A Digital Articulatory Game On The Ability To Perceive Speech-Sound Contrasts In Another Language. Frontiers In Education, 6, 612457. Https://Doi.Org/10.3389/Feduc.2021.612457

Yosoa, H. D. (2016). Penerapan Media Kartu Kata Dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Mia 1 Sma Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Laterne, 5(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Lat.V5n3.P%25p

Yudha, C. B., Evayenny, E., & Herzamzam, D. A. (2021). Pengaruh Model Paikem Gembrot Terhadap Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 66–76. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55215/Jppguseda.V2i2.1446

Yusuf, V., & Marlina, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Digital Pada Materi Transformasi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 10(2), 223–243. Https://Doi.Org/10.35706/Judika.V10i2.6954

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Anindita, S. P. ., Sari, A. T. A. ., Widyastuti, Y. ., Istiqomah, N. ., & Purwaningsih, H. . (2023). PENGARUH PERMAINAN QUARTED FLASH CARD TERHADAP PEMAHAMAN SISWA SMA-LB DI SLB NEGERI SURAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12838–12844. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23461

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.