PENERAPAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PACKAGING (KEMASAN) SENGULUNG ANIS DI DESA SUKADAMAI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23169Keywords:
Packaging (kemasan), Sengulung, TeknologiAbstract
Makanan ringan yang paling banyak digemari masyarakat adalah makanan ringan berbentuk kerupuk. Usaha sengulung Anis merupakan usaha kerupuk yang terbuat dari singkong. Usaha ini sudah berlangsung bertahun-tahun dengan cara produksi, pengemasan, dan pemasaran sederhana/ tradisional. Pengemasan merupakan inti permasalahan usaha ini; kemasan belum baik; masih menggunakan plastik kresek yang membuat sengulung liat/ tidak renyah dan cepat masuk angin. Selain itu belum adanya label / merek produk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim pengabdian melakukan penerapan teknologi pengemasan/ packaging pada usaha Sengulung Anis. Teknologi yang digunakan yaitu mesin perekat kemasan / hand sealer, mesin pencetak harga / Labeler, dan mesin pengering minyak / Spinner. Degan adanya tranfer pengetahuan kepada mitra, hasil pelaksanan pengabdian yaitu kemasan sengulung Anis lebih menarik, praktis, dan higienis dan juga memiliki label/ nama produk. Kemampuan mitra dalam menggunakan alat/teknologi packaging/ kemasan meningkat/ lebih baik. Dengan adanya kemasan yang berkualitas penjualan produk meningkat, pemasaran produk semakin luas dan bervariasi. Produk sudah dijual dilapak jajanan 5000 dan di swalayan di UjungbatuReferences
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223
Hendro, O., Fitriah, W., & Kosim, B. (2021). Penerapan Kualitas dan Kemasan Pada Usaha Kerupuk di Desa Lumpatan Sekayu. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 150–164. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v1i1.146
Mastuti, D. N. (2020). Strategi Pemasaran Dengan Optimalisasi Promosi, Kelas Sosial Dan Citra Merek Untuk Pengambilan Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Online. 7(1), 105–114.
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Najib, M. F., Februadi, A., Djatnika, T., Rafdinal, W., & Magdalena, C. (2022). Inovasi Desain Kemasan ( Packaging ) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56–64.
Putri, S. H., Ardiansah, I., & Rahmah, D. M. (2019). Penerapan Teknologi Pengemasan Dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Mutu Produk Pada Industri Kecil Menengah Berbasis Olahan Pangan Di Desa Cikuda Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 2(2), 291–294. https://doi.org/10.24198/agricore.v2i2.15874
Reta, ., Nurmiah, S., & Zaimar, . (2020). Penerapan Teknologi Pengemasan Pada Pengolahan Tepung Sagu Kering Di Ukm “Engka Sagu Al-Furqan” Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), 6(1), 133–140. https://doi.org/10.20956/jdp.v6i1.11518
Sugiyanti, D. (2015). Pemanfaatan Teknologi Kemas Map (Modified Atmosphere Packaging) Untuk Peningkatan Ekonomi Produktif Masyarakat Penghasil Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) Di Desa Meteseh Kec. Boja Kab. Kendal. Dimas, 15
Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Yuliani, R., & Widyakanti, W. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76. http://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/view/990
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Batdal Niati, Nurhayati Nurhayati, Annajmi Annajmi, Destri Wahyuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










