STRATEGI PENYULUHAN 8 FORMULA MEMBANGUN BISNIS DI DESA PENGALANGAN MENGANTI

Authors

  • Ira Purbosari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Asti Rahayu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Intan Ayu Kusuma Pramushinta Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Prisma Trida Hardani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nadya Ambarwati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Asri Wido Mukti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dewi Perwito Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Amanda Safithri Sinulingga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tatang Sopandi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Setiana Andarwulan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ria Andriani Mukti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Prasmita Dian Wijayati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • M. Nushron Ali Mukhtar STIE Widya Darma Surabaya
  • Fatmawati Fatmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Zahro Al Maulidiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rofikatul Mufidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23146

Keywords:

Bisnis, Digital Marketing, Pemasaran

Abstract

Digital Marketing adalah istilah untuk pemasaran barang atau jasa yang terukur, ditargetkan, serta interaktif yang menggunakan teknologi digital. Perkembangan teknologi yang pesat telah memudahkan dunia bisnis, termasuk dalam hal keuangan. Produk serta layanan keuangan berbasis digital seperti fintech, semakin diminati oleh masyarakat. Salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan industri fintech adalah perkembangan UKM. UKM semakin banyak yang menggunakan layanan digital untuk memudahkan konsumen dalam bertransaksi. Perkembangan usaha kecil menengah (UKM) yang terus bertambah juga menjadi pemicu terhadap berkembangnya industri fintech di Tanah Air. Tujuan penyuluhan ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi penyuluhan 8 formula membangun bisnis di Desa Pengalangan Menganti. Metode yang digunakan yaitu melalukan tahapan observasi, penyiapan materi, pembuatan pre-test serta post-test dan tahap evaluasi. Peserta dalam penyuluhan ini berjumlah 22 orang. Dari hasil pnyuluhan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkat pengetahuan warga mengenai cara membangun bisnis dengan baik.

References

Maharani, Iris Fatia, Dasrun Hidayat, Dan Indria Angga Dianita. 2021. “Penerapan Digital Marketing Pada Konteks Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Womenpreneur Maima Indonesia.” Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian 7(2):699–709. Doi: 10.52434/Jk.V7i2.1168.

Naimah, Rahmatul Jannatin, Muhammad Wahyu Wardhana, Rudi Haryanto, Dan Agus Pebrianto. 2020. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm.” Jurnal Impact: Implementation And Action 2(2):119–30. Doi: 10.31961/Impact.V2i2.844.

Nurlaela, Siti, Amir Junaidi, Eni Kustiyah, Siti Asfiyah, Aulia Dila Feriza, Dan Suwardi. 2021. Pengelolaan Keuangan, Pembuatan Website Dan Digital Marketing Bagi Ukm Dampak Covid-19. Uniba Press.

Pada, Andi Tenri, A. Fauziah Yahya, Andika Isma, Anhar Januar Malik, Rahmat Syarief, A. Jamiati Paramita, Rezty Amalia Araz, Kiki Resky Ramdhani Sucipto, Dan Syamril Syamril. 2022. “Literasi Keuangan Dan Pemasaran Digital Untuk Membangun Ekonomi Desa Tangguh Berbasis Kewirausahaan.” Jurnal Ilmiah Ecosystem 22(2):321–29. Doi: 10.35965/Eco.V22i2.1559.

Ruscitasari, Zulfatun, Melvin Rahma Sayuga, Nurna Pratiwi, Dan Yana Hendriana. 2022. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Literasi Keuangan Dan Digital Marketing Pada Umkm Jamu Desa Kiringan.” Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):11–20. Doi: 10.31315/Dlppm.V3i2.7412.

Sari, Inayah Adi, Maulida Dwi Kartikasari, Agnes Dwita Susilawati, Dan Niken Wahyu Cahyaningtyas. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Desa Mejasem Timur Melalui Penguatan Literasi Keuangan Dan Digital Marketing.” Masyarakat Berdaya Dan Inovasi 1(2):96–100. Doi: 10.33292/Mayadani.V1i2.25.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Purbosari, I. ., Rahayu, A. ., Pramushinta, I. A. K. ., Hardani, P. T. ., Ambarwati, N. ., Mukti, A. W. ., Sari, D. P. ., Sinulingga, A. S. ., Sopandi, T. ., Andarwulan, S. ., Mukti, R. A. ., Wijayati, P. D. ., Mukhtar, M. N. A. ., Fatmawati, F., Maulidiyah, Z. A. ., & Mufidah, R. . (2023). STRATEGI PENYULUHAN 8 FORMULA MEMBANGUN BISNIS DI DESA PENGALANGAN MENGANTI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12336–12340. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23146