SOSIALISASI PENGGUNAAN KOMPUTASI DI MATA PELAJARAN FISIKA DAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PRAKTIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22776Keywords:
Komputasi; Fisika; Matematika; Pendekatan; PraktikAbstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting untuk mewujudkan dan mengarahkan manusia untuk berfikir kritis dan idealis. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi dengan upaya peningkatan mutu pendidikan. Secara khusus perlu adanya penyesuaian dunia pendidikan, Dalam kegiatan pengabdian Masyarakat ditemukan bahwa guru masih belum mengoptimalkan penggunaan komputasi dalam pengajaran mata pelajaran Fisika dan Matematka sehingga perlu diadakan sosialisasi dengan menggunakan metode pendekatan praktik atau simulasi dan pelatihan secara langsung dengan menggunakan microsoft excel dan buku ajar yang akan dihibahkan ke sekolah. Pendekatan praktik/simulasi dan pelatihan yang dilakukan kepada guru selama 2 hari dengan menggunakan buku ajar karangan tim pengabdian kepada masyatakat. Metode yang dilakukan di PkM ini menghasilkan peningkatan pemahaman dari sebelumnya akan pentingnya pembelajaran mata pelajaran Fisika dan Matematika dengan menggunakan komputasi sehingga guru tertarik dan meminta kepada tim untuk ke depannya memberikan lagi porsi lebih di pelatihan selanjutnya sehingga pembendaharaan guru bertambah dan dapat diaplikasi langsung ke peserta didik.References
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nurillahwaty, E. (2021). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Rasyid, A. (2022). Kualitas Pendidikan. Koran Mimbar Umum, 7(2), 16–25. http://repository.uinsu.ac.id/14454/1/Kualitas Pendidikan - Abdul Rasyid.pdf
S, G. H. D., Harahap, V., Si, S., Si, M., & Nurahman, A. (n.d.). DAN APLIKASINYA MENGGUNAKAN EXCELL.
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Simanjuntak, H., Endaryono, B. toni, & Balyan. (2020). Bakti Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Inventa, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2122
Teräs, M. (2022). Education and technology: Key issues and debates. International Review of Education, 68(4), 635–636. https://doi.org/10.1007/s11159-022-09971-9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Goldberd Harmuda Duva Sinaga, Erni Kusrini Sitinjak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.