PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DAN PELATIHAN PENYELESAIAN SOAL BERTIPE OLIMPIADE UNTUK TINGKAT SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1045Keywords:
Pengembangan Modul, Soal Olimpiade, dan Modul MatematikaAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam menyelesaikan permasalahan dengan soal yang memiliki tipe olimpiade di tingkat SMA. Selain itu, bertujuan juga untuk mengembangkan modul matematika yang dapat digunakan dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan olimpiade. Langkah-langkah pengabdian dilakukan dengan tahap koordinasi, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengembangan modul matematika memiliki kevalidan yang ditunjukkan dengan rata-rata 3,7 sehingga dapat dikatakan modul matematika yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya, hasil pengabdian yang memberikan pelatihan penyelesaian soal matematika bertipe olimpiade menunjukkan bahwa respon guru dan siswa termasuk dalam kategori sangat baik yang direpresentasikan dengan rata-rata 3,74 dan 3,78.References
Anggraena, Y. (2019). Pengembangan Kurikulum Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penalaran Dan Pemecahan Masalah. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.15-27
Cahya putra, R. agung. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Tipe Sensing-Intuiting dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade. Jurnal Gantang, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.899
Dewi, S. S., Hariastuti, R. M., & Utami, A. U. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (Omi) Tingkat Smp Tahun 2018. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388
Fitriyah, D., Sarkity, D., Elvi, M., & Liana, M. (2019). Pembinaan Penyelesaian Soal-soal Olimpiade Sains bagi Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 77–81. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1826
Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748
Munirah, M., & Subair, N. (2019). Pendampingan Guru-Guru SMPN 49 dan 53 Kota Makassar Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Untuk Meningkatkan Kompotensi Guru. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 110–115. https://doi.org/10.37541/celebesabdimas.v1i2.249
Pratiwi, C. P. (2020). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 7 No . 1 Januari 2020 ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH. 7(1), 1–8.
Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Olimpiade SMP konten aljabar Students ’ error in solving junior high school Olympiad problem on algebra content. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 3.
Srifitriani, A. (2020). Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013 Guru Sekolah Dasar Negeri Dengan Metode Pendampingan. 2(April), 16–25.
Sunaryati, S., & Lataami, A. (2020). Hubungan Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Berpikir Divergen Biologi Siswa SMA Negeri 1 Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 95. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.12056
Susilawati, S., Doyan, A., & Taufik, M. (2019). Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Mitra. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.315
Wijaya, I. P., Kurniawati, E., Iswantiningtyas, V., & Dwiyanti, L. (2020). WORKSHOP PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS LOOSE PARTS. 1(2), 84–88.