PELATIHAN PENGUATAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MATEMATIKA DAN TEKNOLOGI BAGI GURU

Authors

  • Farah Indrawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Leny Hartati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25663

Keywords:

Literasi, Pendekatan Keterampilan Proses, dan Teknologi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Pelatihan Penguatan Literasi Matematika melalui Pendekatan Keterampilan Proses Matematika dan Teknologi bagi Guru” di SMK IKHLAS JAWILAN ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru. Hal tersebut dimaksudkan agar guru mampu menciptakan sumber daya manusia unggul yang super cerdas, sejahtera dan beradab dengan menguatkan literasi matematika melalui pendekatan keterampilan proses matematika dan teknologi. Permasalahan yang terdapat di SMK IKHLAS JAWILAN adalah guru belum dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilan secara terpadu dalam memaksimalkan pembelajaran, serta lembaga pendidikan yang belum dapat memfasilitasi guru dan peserta didik sepenuhnya dalam pencapaian pengembangan kompetensi dan keterampilan secara maksimal. Pendekatan partisipatif dengan metode pelatihan yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa guru SMK IKHLAS JAWILAN menyadari pengembangan kompetensi dan keterampilan secara terpadu perlu terus dilakukan dengan penguatan literasi matematika melalui pendekatan keterampilan proses matematika dan teknologi, agar keberhasilan pembelajaran tidak hanya terlihat dari pencapaian penilaian tertulis secara maksimal, tetapi juga terlihat pada perubahan tingkah laku yang menjadi lebih baik. Keterlibatan pihak sekolah secara langsung juga dibutuhkan agar pembelajaran dapat dimaknai secara benar dan tepat, terutama dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan super smart society (society 5.0)

References

Fendrik, M. (2017). Peningkatan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Kontekstual. PIGUR, 01(01), 111-123. https://jip.fkip.unri.ac.id/storage/upload/turnitin/turnitin10130688012026692284.pdf

Handayani, NNL, dkk (2021). Pembelajaran Era Disrupsi Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Lampuhyang, 12(1), 79 – 91. https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/252/145

Laila, Kumi dan Hendriyanto. (2021). Menyiapkan Pendidik Profesional di Era Society 5.0. Direktorat Sekolah Dasar. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50

Runisah. (2021). Pembelajaran matematika untuk menghadapi Era Society 5.0. Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon. Euclid, Vol 8, No 2, Hal 159-173. p-ISSN : 2344-1712, e-ISSN : 2541-4453.

Sari, RH Novita. (2015). Literasi Matematika : Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. ISBN : 9786027340305. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf

Zainiyah, L., (2016). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas VIII SMP YPM 3 Taman. Thesis. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/13708/

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Indrawati, F. ., & Hartati, L. . (2024). PELATIHAN PENGUATAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MATEMATIKA DAN TEKNOLOGI BAGI GURU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2845–2849. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25663