IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DI TPQ MUSHOLA AL – FATAH DESA RESAPOMBO

Authors

  • Lutvia Dian Wulan Cahyani Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Yuniar Alam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Badrul Munir Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Arista Alfiana Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Rahmi Desi Ratnasari Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Arina Izzati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Rian Ardiansyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Firnando Ferdiansyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Alifiya Febryanto Zuhri Nurdin Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Layin Absor Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Asyifatu Sa'adah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22717

Keywords:

Pemberdayaan, Generasi Muda, Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan taman pendidikan Al- Quran sejak dini dimana kurangnya pemahaman agama yang diperoleh dari lingkungan sekitar dan kedua orangtua. Metode yang digunakan Metode penelitian survey melibatkan tokoh agama dan beberapa masyarakat sekitar guna mendapatkan hasil yang akurat. Dengan cara door to door ke masyarakat sekaligus penyampaian program yang akan dilaksanakan. hasil dari Analisa SWOT TPQ Mushola Al – Fatah adalah kurangnya dukungan dari masyarakat sekitar dikarenakan minimnya agama islam yang mereka dapat. Mayoritas muallaf yang menjadikan kurangnya pemahaman agama serta kurangnya guru agama islam yang mengarahkan dan membimbing masyarakat muallat.

References

Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002).

B.Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997). Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001). Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), Cet. 7.

Syaiful sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar, (Bandung: CV. Alfabeta, 2006).

Wayan Nurkancana, Evaluasi pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1986).

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007).

Budiyanto, H. (1995). Prinsip-prinsip Metodologi Buku IQRO’. Yogyakarta: Team Tadarus “AMM.

Gafur, A. (2013). Kajian Metode Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1). https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2232

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–175.

Pransiska, T. (2015). Fenomena Konstruktivistik dalam Metode al-Barqy dalam Pembelajaran al-Qur’an: Perspektif Psikolinguistik. Hikmah Journal of Islamic Studies, 11(2), 31–46.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Cahyani, L. D. W. ., Alam, Y. ., Munir, B. ., Alfiana, A. ., Ratnasari, R. D., Izzati, A. ., … Sa’adah, A. (2023). IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DI TPQ MUSHOLA AL – FATAH DESA RESAPOMBO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12936–12938. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22717

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.