IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) DI TPQ MUSHOLA AL – FATAH DESA RESAPOMBO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22717Keywords:
Pemberdayaan, Generasi Muda, Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan taman pendidikan Al- Quran sejak dini dimana kurangnya pemahaman agama yang diperoleh dari lingkungan sekitar dan kedua orangtua. Metode yang digunakan Metode penelitian survey melibatkan tokoh agama dan beberapa masyarakat sekitar guna mendapatkan hasil yang akurat. Dengan cara door to door ke masyarakat sekaligus penyampaian program yang akan dilaksanakan. hasil dari Analisa SWOT TPQ Mushola Al – Fatah adalah kurangnya dukungan dari masyarakat sekitar dikarenakan minimnya agama islam yang mereka dapat. Mayoritas muallaf yang menjadikan kurangnya pemahaman agama serta kurangnya guru agama islam yang mengarahkan dan membimbing masyarakat muallat.References
Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002).
B.Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997). Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001). Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), Cet. 7.
Syaiful sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar, (Bandung: CV. Alfabeta, 2006).
Wayan Nurkancana, Evaluasi pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1986).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007).
Budiyanto, H. (1995). Prinsip-prinsip Metodologi Buku IQRO’. Yogyakarta: Team Tadarus “AMM.
Gafur, A. (2013). Kajian Metode Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1). https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2232
Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–175.
Pransiska, T. (2015). Fenomena Konstruktivistik dalam Metode al-Barqy dalam Pembelajaran al-Qur’an: Perspektif Psikolinguistik. Hikmah Journal of Islamic Studies, 11(2), 31–46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lutvia Dian Wulan Cahyani, Yuniar Alam, Badrul Munir, Arista Alfiana, Rahmi Desi Ratnasari, Arina Izzati, Rian Ardiansyah, Firnando Ferdiansyah, Alifiya Febryanto Zuhri Nurdin, Layin Absor, Asyifatu Sa'adah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.