PELATIHAN KONSELING DASAR BAGI GURU TPQ SE-KECAMATAN SUKODONO SIDOARJO

Authors

  • Hayani Hayani Universitas 45 Surabaya
  • Eva Nur Rachmah Universitas 45 Surabaya
  • Yopi Lutfi Subargo Universitas 45 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22506

Keywords:

Pelatihan, Konseling Dasar

Abstract

Tujuan pelatihan Konseling dasar bagi guru Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) ini sebagai bentuk upaya pembekalan guru TPQ terkait keterampilan konseling. Profesi guru sangat lekat dengan upaya pelayanan konseling. Peran layanan konseling guru TPQ bertujuan untuk memfasilitasi potensi santri dan juga memfasilitasi teknik kolaborasi antara guru TPQ dan orang tua dalam rangka mencetak pribadi santri yang berkarakter, berilmu, berakhlak mulia dan mempunyai kapasitas sebagai pemimpin. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka pada hari Minggu, 19 Maret 2023  di Aula TPQ Al-Izzah Sukodono Sidoarjo. Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 46 orang guru TPQ se kecamatan sukodono Sidoarjo. Pelatihan diawali dengan brainstorming permasalahan santri dan orang tua yang sering kali terjadi dan yang merupakan kebutuhan layanan konseling Guru TPQ.  Selanjutnya diberikan penjelasan Teknik dasar konseling dan role play praktik konseling oleh  Pemateri dan team. Terakhir, dilakukan praktik simulasi  konseling yang melibatkan semua guru TPQ dengan metode mikro konseling, yaitu peserta bergantian berperan sebagai konselor, konseli, dan pengamat. Setelah pelaksanaan pelatihan konseling selesai, sebagai penutupan sesi dilakukan refleksi, dan diperoleh respon sangat positif dari peserta pelatihan terhadap pelaksanaan pelatihan konseling dasar dimana sebagian besar peserta memiliki pemahaman konsep dan teknis tentang Teknik dasar konseling. Berdasarkan evaluasi kegiatan ditemukan bahwa 97 % peserta memberikan respon positif terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan. Peserta merasa mendapatkan wawasan dan skill baru terkait layanan konseling santri dan wali santri. Peserta merasa semakin optimis dalam memfasilitasi potensi santri dan juga memfasilitasi teknik kolaborasi antara guru TPQ dan orang tua santri.

References

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya

Basicedu, 5(6), 5213-5220

Mushin, Ali,2017, “Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran di TPQMiftahul Ulum Jombang Sumobito Jombang” dalam jurnal al-murabbi, Vol 2 No 2.

Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Sumiyati, Y., & Pamungkas, R. W. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(1)

Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media Group

Sutikno, Sobri. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Hayani, H., Nur Rachmah , E. ., & Lutfi Subargo , Y. . (2023). PELATIHAN KONSELING DASAR BAGI GURU TPQ SE-KECAMATAN SUKODONO SIDOARJO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13428–13431. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22506

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.