PELATIHAN KONSELING DASAR BAGI GURU TPQ SE-KECAMATAN SUKODONO SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22506Keywords:
Pelatihan, Konseling DasarAbstract
Tujuan pelatihan Konseling dasar bagi guru Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) ini sebagai bentuk upaya pembekalan guru TPQ terkait keterampilan konseling. Profesi guru sangat lekat dengan upaya pelayanan konseling. Peran layanan konseling guru TPQ bertujuan untuk memfasilitasi potensi santri dan juga memfasilitasi teknik kolaborasi antara guru TPQ dan orang tua dalam rangka mencetak pribadi santri yang berkarakter, berilmu, berakhlak mulia dan mempunyai kapasitas sebagai pemimpin. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka pada hari Minggu, 19 Maret 2023 di Aula TPQ Al-Izzah Sukodono Sidoarjo. Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 46 orang guru TPQ se kecamatan sukodono Sidoarjo. Pelatihan diawali dengan brainstorming permasalahan santri dan orang tua yang sering kali terjadi dan yang merupakan kebutuhan layanan konseling Guru TPQ. Selanjutnya diberikan penjelasan Teknik dasar konseling dan role play praktik konseling oleh Pemateri dan team. Terakhir, dilakukan praktik simulasi konseling yang melibatkan semua guru TPQ dengan metode mikro konseling, yaitu peserta bergantian berperan sebagai konselor, konseli, dan pengamat. Setelah pelaksanaan pelatihan konseling selesai, sebagai penutupan sesi dilakukan refleksi, dan diperoleh respon sangat positif dari peserta pelatihan terhadap pelaksanaan pelatihan konseling dasar dimana sebagian besar peserta memiliki pemahaman konsep dan teknis tentang Teknik dasar konseling. Berdasarkan evaluasi kegiatan ditemukan bahwa 97 % peserta memberikan respon positif terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan. Peserta merasa mendapatkan wawasan dan skill baru terkait layanan konseling santri dan wali santri. Peserta merasa semakin optimis dalam memfasilitasi potensi santri dan juga memfasilitasi teknik kolaborasi antara guru TPQ dan orang tua santri.References
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya
Basicedu, 5(6), 5213-5220
Mushin, Ali,2017, “Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran di TPQMiftahul Ulum Jombang Sumobito Jombang” dalam jurnal al-murabbi, Vol 2 No 2.
Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).
Sumiyati, Y., & Pamungkas, R. W. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(1)
Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media Group
Sutikno, Sobri. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hayani Hayani, Eva Nur Rachmah , Yopi Lutfi Subargo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










