DESAIN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN CLASS POINT AI DI UPTD SD 62 PAREPARE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21982Keywords:
Desain, Class Point, AI, Media Pembelajaran InteraktifAbstract
Kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan di UPTD SD 62 Parepare merupakan kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan berdasar dari masalah yang ada di UPTD SD 62 Parepare yaitu dalam Dalam proses pembelajaran, guru menggunakan aplikasi power point sebagai media untuk menyampaikan materi, belum ada pengembangan sumber daya dalam pembelajaran dengan memberikan pelatihan desain pembuatan media pembelajaran interaktif. Ternyata dengan hal tersebut dapat menurunkan semangat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan desain pembuatan media pembelajaran interaktif di UPTD SD 62 Parepare dengan Class Point AI sehingga nantinya guru dapat membuat media pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi AI sebagai solusi yang komprehensif untuk guru mampu berkembang secara professional, mampu meningkatkan efektifitas siswa, bekerja secara efisien, mengajar secara interaktif dengan pemanfaatan Class Point AI sehingga mendorong integritas akademik untuk mendukung pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif. Luaran Kegiatan PKM akan di publikasikan pada Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.References
Andika Putra, (2023) Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Classpoint. Diunduh di https://wartaguru.id/membuat-media-pembelajaran-interaktif-dengan-classpoint/ tanggal 17 Juni 2023
Darim, A. (2020). Manajemen Organisasi Perilaku dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29 .
Dina, RA, & Syaputra, D. (2021). Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis PowerPoint pada Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 7 Tanjung Jabung Timur TA. 2021/2022. Jurnal Istoria, 5(2), 60–67. http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article /view/124
Kusumaningrum, DE, Sumarsono, RB, & Gunawan, I. (2019). Budaya Sekolah dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah dengan Pendekatan Soft System Methodology. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 090–097. https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p90 .
Kemdikbud.go.id, (2022) Pembelajaran Abad 21 diunduh di https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/kegiatan/93212a18-7b1e-4f4e-9919-51129308a785.pdf tanggal 16 Juni 2023
Rosi, RAU, Riki, C., & Habibie, A. (2022). perancangan Aplikasi Kuis Interaktif Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi & Komunikasi di Kelas X SMA Plus Nurul Ilmi Cibalong. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 397–404. https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1003 .
Septikasari, R., Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, 8(2), 107–117.
Safira, FB (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Kuis Interaktif dengan Artikulate Storyline pada Materi Fabel untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 02 Talun. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(15), 1–6. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/16961 .
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV Alfabeta
Wuri Elsawati, (2022) Pembelajaran Interaktif Dengan Classpoint Bertukar Pengetahuan Bagian 16 Diunduh di https://www.goethe.de/ins/id/id/spr/eng/pas/akt/wil/ilc.html Oktober 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rakhmadi Rahman, Mar’atuttahirah Mar’atuttahirah, Khaera Tunnisa, Alvian Tri Putra, Abdullah Abdullah, Muh. Al-Amin, Andi Sahra Suryabuana, Syam Syahru Ramadhan, Fathuresqi Fathuresqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.