PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMA PLUS MUHAMMADIYAH

Authors

  • Lamtiar Ferawaty Siregar Universitas Musamus
  • Nurlela Pandiangan Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5607

Keywords:

Media Interaktif, Ispring Suite, Video Pembelajaran.

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah sistem pembelajaran tatap muka (luring) menjadi pembelajaran online (daring). Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih guru SMA Plus Muhammadiyah dalam pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite. Metode pelaksanaannya adalah obsevasi ke sekolah, sosalisasi tentang pembelajaran interaktif kepada guru, pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dalam bentuk vidio pembelajaran, power point yang interaktif dan menarik berbasis flash, pembuatan soal latihan yang mewakili setiap indikator pembelajaran serta evaluasi atas ketercapaian kegiatan. Kendala yang dialami dalam pengabdian, yaitu hari ke-2 dalam pembuatan video, sebagian guru mengalami kesulitan karena spesifikasi laptop kurang mendukung aplikasi sehingga lambat untuk digunakan dan sebagian fitur-fitur tidak dapat digunakan. Pada saat pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif  menggunakan Ispring Suite 9, guru senang dan antusias terkait pelatihan tersebut. Pengabdi mengharapkan guru dapat menggunakan Ispring Suite 9 dalam media pembelajaran

References

Alqahtani, A. Y., & Rajkhan, A. A. (2020). E-learning critical success factors during the covid- 19 pandemic: A comprehensive analysis of e-learning managerial perspectives. Education Sciences, 10(9), 1–16. https://doi.org/10.3390/educsci10090216

Fauziah, I., Ernita, E., Octavia, D. R., & Dwiyanti, M. (2020). Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional Aud Di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Kumara Cendekia, 8(3), 316. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.44282

HIMMAH, F. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Kelas Viii. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82.

Nursidik, H., & Suri, I. R. A. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583

Siregar, L. F., Pandiangan, N., Sumanik, N. B., Kimia, P., & Musamus, U. (2021). Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. 5(3), 412– 420.

Downloads

Published

2022-06-30 — Updated on 2022-07-22

Versions

How to Cite

Siregar, L. F. ., & Pandiangan, N. . (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMA PLUS MUHAMMADIYAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1152–1158. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5607 (Original work published June 30, 2022)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.