PENDAMPINGAN SMART TEACHER BERBASIS IN-ON SERVICE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21553Keywords:
In-On Service, Smart Teacher, Technological Pedagogical Content KnowledgeAbstract
Kelompok Kerja Guru SD Gugus XVI Pante Kareung Aceh Besar merupakan salah satu gugus di Aceh Besar yang mengalami berbagai permasalahan dan kendala dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggotanya. Penyebab permasalahan dikarenakan kurangnya keterampilan digital dan media pembelajaran pada guru hingga terbatasnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan media dan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan Kegiatan untuk memberdayakan mitra dengan meningkatkan kompetensi TPCK guru secara spesifik meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru melalui pendampingan berbasis in-on service. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 tahap meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam 2 langkah yaitu pelatihan dengan pola in-on-in service dan pendampingan lapangan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, latihan, dan tutorial. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 30 guru dengan lokasi pelaksanaan di Pusat Kegiatan Guru Gugus XVI Pante Kareung. Kemampuan TPCK guru sebelum pelatihan berada pada skor 3 dan setelah pelatihan berada pada skor 4. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berada pada rata-rata nilai 72 kategori cukup. Dengan demikian, terdapat perbedaan kemampuan TPCK guru antara sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Namun demikian, kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran masih perlu ditingkat melalui pendampingan berkelanjutan.References
Antara. (2021). Guru Program Pendidikan Guru Penggerak Berikan Segudang Manfaat. Https://Www.Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/2547153/guru-program-pendidikan-guru-penggerak-berikan-segudang-manfaat
Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajatr Siswa. March.
Jon, H. (2018). How to be smart teacher (P. K. Sun (ed.); Issue August). Eskol Media Kreasi.
Khayati, N. (2023). Efikasi Diri dan Kreativitas Menciptakan Inovasi Guru. Jendela.Kemdikbud.Go.Id. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/efikasi-diri-dan-kreativitas-menciptakan-inovasi-guru#:~:text=Sayangnya%2C masih banyak guru yang tidak inovatif. Padahal,inovatif%2C artinya 98%25 guru tidak inovatif %28Iskandar%2C 2013%29.
Koehler, M. J., & Punya Mishra. (2007). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, (2017).
Sa’o, S., Naja, F. Y., & Irfan, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peragar Pada Pembelajaran Matematika SMP. 3(1), 65–73.
Safriana, & Fitri, Z. (2022). Pendampingan Pembelajaran E-learning dengan Menggunakan Edmodo bagi Guru SMA. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 631–638.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Irfan, Zahratul Fitri, Samsuar Samsuar, Bunga Mawarni Merdu, Miftahul Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










