PENDAMPINGAN SMART TEACHER BERBASIS IN-ON SERVICE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU

Authors

  • Ade Irfan Universitas Abulyatama
  • Zahratul Fitri Universitas Malikussaleh
  • Samsuar Samsuar Universitas Abulyatama
  • Bunga Mawarni Merdu Universitas Abulyatama
  • Miftahul Nisa Universitas Abulyatama

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21553

Keywords:

In-On Service, Smart Teacher, Technological Pedagogical Content Knowledge

Abstract

Kelompok Kerja Guru SD Gugus XVI Pante Kareung Aceh Besar merupakan salah satu gugus di Aceh Besar yang mengalami berbagai permasalahan dan kendala dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggotanya. Penyebab permasalahan dikarenakan kurangnya keterampilan digital dan media pembelajaran pada guru hingga terbatasnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan media dan teknologi dalam pembelajaran.  Tujuan Kegiatan untuk memberdayakan mitra dengan meningkatkan kompetensi TPCK guru secara spesifik meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru melalui pendampingan berbasis in-on service. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 tahap meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam 2 langkah yaitu pelatihan dengan pola in-on-in service dan pendampingan lapangan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, latihan, dan tutorial. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 30 guru dengan lokasi pelaksanaan di Pusat Kegiatan Guru Gugus XVI Pante Kareung. Kemampuan TPCK guru sebelum pelatihan berada pada skor 3 dan setelah pelatihan berada pada skor 4.  Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berada pada rata-rata nilai 72 kategori cukup. Dengan demikian, terdapat perbedaan kemampuan TPCK guru antara sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Namun demikian, kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran masih perlu ditingkat melalui pendampingan berkelanjutan.

References

Antara. (2021). Guru Program Pendidikan Guru Penggerak Berikan Segudang Manfaat. Https://Www.Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/2547153/guru-program-pendidikan-guru-penggerak-berikan-segudang-manfaat

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajatr Siswa. March.

Jon, H. (2018). How to be smart teacher (P. K. Sun (ed.); Issue August). Eskol Media Kreasi.

Khayati, N. (2023). Efikasi Diri dan Kreativitas Menciptakan Inovasi Guru. Jendela.Kemdikbud.Go.Id. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/efikasi-diri-dan-kreativitas-menciptakan-inovasi-guru#:~:text=Sayangnya%2C masih banyak guru yang tidak inovatif. Padahal,inovatif%2C artinya 98%25 guru tidak inovatif %28Iskandar%2C 2013%29.

Koehler, M. J., & Punya Mishra. (2007). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, (2017).

Sa’o, S., Naja, F. Y., & Irfan, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peragar Pada Pembelajaran Matematika SMP. 3(1), 65–73.

Safriana, & Fitri, Z. (2022). Pendampingan Pembelajaran E-learning dengan Menggunakan Edmodo bagi Guru SMA. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 631–638.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Irfan, A. ., Fitri, Z. ., Samsuar, S., Merdu, B. M. ., & Nisa, M. . (2023). PENDAMPINGAN SMART TEACHER BERBASIS IN-ON SERVICE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11638–11643. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21553