SOSIALISASI DETEKSI DINI PERMASALAHAN ANAK GANGGUAN BELAJAR SPESIFIK KEPADA ORANGTUA DAN GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA DAN INKLUSI KOTA SURAKARTA

Authors

  • Dian Atnantomi Wiliyanto Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Rizki Husadani Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21447

Keywords:

Deteksi Dini, Gangguan Belajar Spesifik, Sekolah Luar Biasa, Inklusi

Abstract

Anak yang mengalami gangguan belajar spesifik dapat mengalami berbagai hambatan di dalam kegiatan belajar, seperti gangguan membaca (disleksia), gangguan menulis (disgrafia), gangguan berhitung (diskalkulia), atau kesulitan belajar non-verbal sehingga anak tidak mampu mencapai prestasi akademik. Pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada orang tua dan guru di Sekolah Luar Biasa dan Inklusi Kota Surakarta tentang permasalahan anak gangguan belajar spesifik. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Kota Surakarta dengan materi yang diberikan adalah definisi dari gangguan belajar spesifik, karakteristik serta penanganan untuk anak gangguan belajar spesifik. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pertama adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil dalam kegiatan ini adalah rekomendasi untuk pihak sekolah, guru dan orang tua.

References

Hauerwas L.B, Brown R., Scott, A.N. (2013). Specific learning disability and response to intervention: State-level guidance. Except Child, 80 (101).

Husadani, R., Yusuf, M., & Nunuk, S. (2020). Analysis of social skills of children with learning disabilities at inclusive elementary school in Surakarta. The 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2020: ACM ISBN 978-1-4503-7572-6/20/09

Ikramullah, I., & Sirojuddin, A. (2020). Optimalisasi manajemen sekolah dalam menerapkan pendidikan inklusi di sekolah dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139.

Khiyarusoleh, U., Anis, A., Yusuf, R. I., & Peradaban, U. (2020). Peran orangtua dan guru pembimbing khusus kepada anak berkubutahan khusus (slow learner) di SD Negeri 5 Arcawinangun. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 1-10.

Munirah. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Tarbawi: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 20 – 45.

Rose, C. A., Forber-Pratt, A. J., Espelage, D. L., & Aragon, S. R. (2013). The influence of psychosocial factors on bullying involvement of students with disabilities. Theory into Practice, 52(4), 272–279. doi:10.1080/00405841.2013.829730.

Shah, H. R., Sagar, J. K. V., Somaiya, M. P., & Nagpal, J. K. (2019). Clinical practice guidelines on assessment and management of specific learning disorders. Indian journal of psychiatry, 61(Suppl 2), 211–225.

Stanford, E., & Delage, H. (2019). Complex syntax and working memory in children with specific learning difficulties. First Language. Advance online publication.doi:10.1177/0142723719889240

Wahjosumidjo. (2001). Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Wiliyanto, D. A., & Husadani, R. (2023). SOSIALISASI DETEKSI DINI PERMASALAHAN ANAK GANGGUAN BELAJAR SPESIFIK KEPADA ORANGTUA DAN GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA DAN INKLUSI KOTA SURAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13410–13414. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21447

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.