PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SINTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20648Keywords:
Artikel Ilmiah, Penulisan Ilmiah, Indeks SINTA, Pelatihan, Penelitian, Pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penulisan artikel ilmiah terindeks SINTA melalui kegiatan "Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks SINTA" yang dilaksanakan secara online pada tanggal 11 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 44 peserta dari berbagai kalangan, termasuk dosen, mahasiswa, dan guru. Alasan pemilihan topik ini adalah pentingnya kontribusi akademik dalam penelitian dan publikasi ilmiah serta peningkatan indeks SINTA sebagai parameter evaluasi kualitas publikasi. Metode kegiatan mencakup sesi pelatihan, diskusi interaktif, praktik penulisan, review dan koreksi artikel, serta sharing pengalaman. Hasil kegiatan ini mencakup peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam penulisan artikel ilmiah terindeks SINTA, perbaikan artikel ilmiah yang ada, dan kolaborasi lintas sektor. Peserta juga merasa lebih termotivasi untuk berkontribusi dalam penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas. Pentingnya hasil kegiatan ini terletak pada kontribusi yang lebih besar dalam perkembangan penelitian dan pendidikan di Indonesia serta peningkatan indeks SINTA para peserta.References
Astuti, E., Yunita, P., Tambunan, F., Wahyuni, F. S., & Setiyawati, R. I. (2023). Pelatihan Pengenalan Dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel Pada Smu Swasta Dharmawangsa Medan. Abdikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 50–57.
Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hasmirati, H., Nursyamsi, S. Y., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Motivation And Interest: Does It Have An Influence On Pjok Learning Outcomes In Elementary School Children? Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 70–78.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.2988
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42–47.
Rahim, A., Malik, A., Hastuti, D. R. D., Syam, U., & Sabar, W. (2020). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi Dan Nasional Terakreditasi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 6(1), 6261–6269.
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.13044
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Derlini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.