MENUMBUHKAN KARAKTER BERPRESTASI BAGI SISWA DI SMK KESEHATAN MUHAMMADIYAH GORONTALO UTARA

Authors

  • Sukarman Kamuli Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun W. Wantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Moh. Emil Dunggio Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20385

Keywords:

Karakter, Kemampuan, Berprestasi

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk Menumbuhkan Karakter Berprestasi Bagi Siswa di  SMK Kesehatan Muhammadiyah Gorontalo Utara. Adapun metode yang digunakan meliputi Sosialisasi dan Edukasi. Sedangkan tahapan dalam pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan serta Monitoring dan Evaluasi. Hasil capaian dalam pelaksanaan kegiatan menunjukkan Pertama, Terjadi Peningkatan Kecerdasan Intelektual (IQ). Dimana, Siswa/Siswi berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis masalah secara logis, dan mengatasi tantangan dengan efektif. Kedua, Pengembangan Kreativitas. Pada indikator ini Siswa mampu merancang solusi inovatif untuk masalah sosial. Ketiga, Siswa mampu mengalami transformasi kemampuan adaptasi setelah mengikuti kegiatan. Keempat, Pembentukan Karakter Berprestasi. Keberhasilan ini terlihat dari bagaimana Siswa mampu menghubungkan nilai-nilai karakter berprestasi dengan kehidupan sehari-hari dan mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam tindakan mereka, baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Dengan demikian, pengabdian ini menekankan pentingnya pengembangan kekuatan intelektual dan karakter berprestasi pada siswa sebagai faktor kunci dalam mencapai prestasi luar biasa dalam pendidikan dan pengabdian masyarakat. 

References

Al-Amri, L., & Haramain, M. (2017). Akulturasi islam dalam budaya lokal. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 10(2), 87-100.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Fithriyaani, F., Yudhyarta, D. Y., & Syarifudin, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 138-150.

Gunawan, A., Abdussahid, A., & Mahmudah, H. (2020). Potret Ideologi Pendidikan Dalam Penanaman Nilai Keislamandi Sdit Imam Syafi’Iy Kota Bima. KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(1), 56-73.

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal pendidikan karakter, 4(3).

Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19-31.

Irjanti, R., & Setiawati, F. A. (2018). Pengaruh nilai-nilai karakter terhadap prestasi belajar di SDIT Salman Al Farisi. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1).

Kosasih, E. (2013). Sastra klasik sebagai wahana efektif dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 225-236.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Mujib, A. (2012). Konsep pendidikan karakter berbasis psikologi Islam.

Muasmara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111-125.

Muttaqiyathun, A. (2011). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja dosen. Journal of Innovation in Business and Economics, 2(02).

Najib, A., & Achadiyah, B. N. (2012). Pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1).

Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-9.

Prihandrijani, E. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa SMA “X” di Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Rahmah, A. A., & Hudaidah, H. (2021). Ideologi Ki Hajar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Nasional. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(2), 68-72

Rahayuni, K. (2023). Sosialisasi Dan Edukasi Transisi Karir Atlet Pelajar Menuju Atlet Mahasiswa Melalui Pendekatan Visualisasi Kreatif. Dharmas Journal Of Sport, 3(1), 11–19. Https://Doi.Org/10.56667/Djs.V3i1.802

Rozak, P. (2017). Indikator tawadhu dalam keseharian. Madaniyah, 7(1), 174-187

Rohadi, T. T., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Kemampuan Adaptasi Dengan Lingkungan, Perilaku Masyarakat Dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas Yang Berdampak Pada Kinerja Pemetik Teh (Studi kasus di Perkebunan Teh Medini Kabupaten Kendal). Journal Of Management, 2(2).

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Kamuli, S. ., Wantu, A. . W., & Dunggio, M. E. . (2023). MENUMBUHKAN KARAKTER BERPRESTASI BAGI SISWA DI SMK KESEHATAN MUHAMMADIYAH GORONTALO UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9150–9159. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20385

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.