PELATIHAN APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI “KAHOOT” PADA SMK PERSADA HUSADA INDONESIA

Authors

  • Muhammad Yasir Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fried Sinlae Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20019

Keywords:

Game Based Learning, Kahoot, Participatory Action Research (PAR)

Abstract

Teknologi informasi telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa dekade terakhir dan telah merasuki berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Penggunaan teknologi informasi dalam lingkungan pendidikan khususnya di sekolah telah menjadi keharusan dalam mencari referensi, tugas, kuis, dan ujian sekolah yang saat ini serba digital. Tantangan muncul bagi pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang proses pembelajaran, yang saat ini masih banyak yang mengandalkan metode konvensional yang dianggap membosankan. Salah satu teknologi informasi yang telah diterapkan dalam bidang pendidikan adalah aplikasi game based learning seperti Kahoot. Kahoot adalah suatu website yang menggabungkan unsur permainan dan multimedia dalam pembelajaran, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang berfokus pada pelatihan, pengembangan, dan penyebaran ilmu pengetahuan di lingkungan masyarakat, khususnya di SMK Persada Husada Indonesia. Melalui pelatihan ini, diharapkan bahwa pendidik dan siswa dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi mereka dalam merancang pembelajaran agar lebih menarik dan interaktif.

References

Faznur, L. S., Khaerunnisa, & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39–44. Https://Doi.Org/10.24853/Jpmt.2.2.39-44

Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Media Dan Sumber Pembelajaran Sd. Didaktik?: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 6(1), 139–147. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V6i1.119

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia Citra, A., Schulz, N. D., ????, ?., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 99–104.

Olesova, L., & Johnston, J. (2013). Effectiveness Of Audio Feedback In Distance Education. Innovations In Teaching & Learning Conference Proceedings, 5. Https://Doi.Org/10.13021/G8060p

Perdana, Indra, Rinda Eria Solina Saragi, E. K. A. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(02), 290–306.

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

Yasir, M. ., & Sinlae, F. . (2023). PELATIHAN APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI “KAHOOT” PADA SMK PERSADA HUSADA INDONESIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8937–8941. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20019

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.