EDUKASI PEMBUATAN GAME 3D MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY DI SMA METHODIST BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38065Keywords:
Unity, Game 3D, Edukasi GameAbstract
Unity merupakan salah satu aplikasi pengembangan game yang populer dan banyak digunakan dalam industri game. Dalam kegiatan ini, siswa diajarkan tentang dasar-dasar pembuatan game, perancangan objek 3D, pengaturan lingkungan, pemrograman interaktif, hingga proses publishing game. Melalui edukasi ini, diharapkan siswa dapat memahami konsep pengembangan game, serta memiliki keterampilan praktis yang berguna dalam industri kreatif. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan edukasi ini adalah pembelajaran berbasis proyek, dengan memberikan tantangan kepada siswa untuk membuat game 3D sederhana. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam pembuatan game, meningkatkan kreativitas, dan memperkenalkan mereka pada dunia teknologi digital yang berkembang pesat.References
Aula, S., Ahmadian, H., & Majid, B. A. (2020). Analisis dan Perancangan Game Edukasi Student Adventure 2D Menggunakan Scratch 2.0 pada SMK Negeri 1 AlMubarkeya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 21–28.
Deuis, A., Ramadhan, F., & Widodo, T. (2020). Pelatihan Programming Junior PembuatanGame Menggunakan Scratch untuk Sekolah Dasar ( SD ) Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri Kreatif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2),111–120.
Dewi, R. M., Sholikhah, N., Ghofur, M. A., & Soejoto, A. (2019). Pelatihan Game Edukasi Android Berbasis HOTS Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran. ABIMANYU: Journalof Community Engagement,1(1),59–67.
Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis AndroidMenggunakan App Inventor. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital ZoneIJCCS, 8(x), 160 169.
Mongi, L. S.,Lumenta, A. S. M., & Sambul, A. M. (2018). Rancang Bangun GameAdventureofUnsratMenggunakanGameEngineUnity.JurnalTeknikInformatika,13(1).https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20191
Noemí, P.-M., & Máximo, S. H. (2014). Educational Games for Learning. Universal Journal of Educational Research, 2(3), 230–238. https://doi.org/10.13189/ujer.2014.020305
Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86.https://doi.org/10.26623/transformatika.v14i2.442
Setiyo Budi Nugroho, A., & Khairani, K. (2018). Membangun Third Person Game 3D Dengan Unity Berlatar Budaya Lokal. Jurnal ELTIKOM, 1(2), 71–83.https://doi.org/10.31961/eltikom.v1i2.24
Tjahyadi, M., Sinsuw, A., Tulenan, V., & Sentinuwo, S. (2015). Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D. Jurnal Teknik Informatika, 4(2), 1–6.https://doi.org/10.35793/jti.4.2.2014.6990
Qomariah, S., Yusika Rangan, A., & Yusnita, A. (2020). Peningkatan Pengetahuan Pembuatan Game Dalam Rangka Pengenalan Industri Kreatif pada Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dedi Candro Parulian Sinaga, Baringin Sianipar, Endra Ary Prasasty Marpaung, Rodiah Hannum Lubisndra, Dwi Novia Amalliaendra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










