PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19878Keywords:
Program sekolah, Kurikulum merdeka, Lahan BasahAbstract
Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi belum optimalnya pengembangan program sekolah yang relevan dengan karakteristik geografis, sosial, dan budaya di sekolah dasar lingkungan lahan basah. Pendampingan yang dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam menganalisis potensi daerah sebagai dasar pengembangan program sekolah. Peserta yang mengikuti kegiatan pendampingan adalah 50 orang guru pada KKG Aluh-Aluh Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Pendampingan dilakukan selama 7 bulan yang terdiri dari enam tahapan yang meliputi: (1) workshop penyamaan persepsi kurikulum merdeka; (2) workshop analisis karakteristik sosial, ekonomi, sosial, dan budaya pada wilayah setempat dan analisis kebutuhan program sekolah; (3) workshop pendampingan penyusunan program sekolah untuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila; serta (4) monitoring dan evaluasi implementasi program sekolah. Berdasarkan monitoring dan evaluasi diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan konsep penyusunan program sekolah dengan perolehan skor 44 (kategori sangat baik), kompetensi analisis potensi sekolah dengan skor 43 (kategori sangat baik), dan kompetensi mengembangkan program sekolah untuk penguatan profil pelajar Pancasila dengan skor 38 (kategori baik) Adapun tingkat peningkatan jika dihitung menggunakan metode N-Gain menunjukkan hasil 0.427 yang artinya terjadi peningkatan kompetensi guru kategori sedangReferences
Kemdikbud RI. 2020. Merdeka belajar Episode Kelima: Guru Penggerak. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kholisdinuka, (2020). Lebih Dari Guru Biasa, Guru Penggerak Kemendikbud Bakal Punya Tugas Ini. Jakarta: Nusa Indah.
Downloads
Published
2023-10-19
How to Cite
Noorhapizah, N., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Hartati, H. (2023). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8886–8890. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19878
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Noorhapizah Noorhapizah, Yogi Prihandoko, Diani Ayu Pratiwi, Hartati Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.