IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING IN THE TKJ DEPARTMENT THROUGH THE LINE FOLLOWER ROBOT TRAINER AT SMK NU 1 KARANGGENENG

Authors

  • Wahyu Tri Handoko Universitas Negeri Malang
  • Moh Zainul Falah Universitas Negeri Malang
  • Abdullah Iskandar Syah Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Holqi Rizki Azhari Universitas Negeri Malang
  • Putri Galuh Ningtiaz Universitas Negeri Malang
  • Anik Nur Handayani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19671

Keywords:

Robot Line Follower, Pelatihan Siswa, SMK

Abstract

Permasalahan yang terjadi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini kurangnya kualitas produk, sarana dan prasarana yang belum menunjang kegiatan pembelajaran dan kerja sama antar Perusahaan, instantasi pemerintah maupun universitas. Akan tetapi beberapa permasalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan berkoordinasi dan bersinergi antara perguruan tinggi dan sekolah vokasi melalui program kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang salah satunya dengan mengenalkan trainer robot line follower untuk siswa jurusan TKJ. Kontribusi dalam program ini yaitu Universitas Negeri Malang melalui program pengabdian mahasiswa bekerjasama dengan SMK NU 1 Karanggeneng dengan melaksanakan kegiatan pelatihan trainer robot line follower untuk siswa jurusan TKJ guna meningkatkan mutu belajar.  Metode pengabdian yang digunakan untuk penyelesaian trainer ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan model pembelajaran implementasi teori dan praktek. Pada tahap terakhir akan dilakukan evaluasi pelatihan. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini berupa pelatihan yang dibagi menjadi beberapa kegiatan diantaranya sosialisasi program pelatihan trainer robot line follower, implementasi robot line follower dalam dunia industri dan evaluasi pelatihan. Kesimpuan dari kegiatan ini menyatakan bahwa siswa dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan dan pemahaman tentang robot line follower.  

References

Aini, F., Edriati, S., & Pratama, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2425–2430.

Faiz, M. R., Falah, M. Z., & Syah, A. I. (2022). Development of Teaching Modules for Operation and System Stability Courses as a Pilot Project for the Electrical Engineering Study Program Towards Independent Learning. International Journal of Research in Vocational Studies (IJRVOCAS), 1(4), 41–45.

Hais, Y. R., Fuady, S., Nehru, N., Pathoni, H., Manab, A., & Rabiula, A. (2023). WORKSHOP EDUKASI PEMBUATAN ROBOT LINE FOLLOWER MENGGUNAKAN METODE AKTIF EKSPERIMENTAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMAN 15 MUARO JAMBI. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 116–124.

Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Pemrograman Visual dengan Metode Addie. Jurnal Vokasi Informatika, 20–30.

Junaidi, A. (2021). Pelatihan Robot Line Follower Di Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper. TERANG, 3(2), 148–154.

Kusumawati, A. D., & Prapanca, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN ?EKOMUNIKASI DI SMKN 7 SURABAYA. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 137–146.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.

Marwanto, S., Suharjanto, S., Pius, S. W., & Raharjo, A. T. (2021). Pelatihan Robot Pengikut Garis (Line Follower) Untuk Siswa Smk Batik 2 Surakarta Di Prodi Teknik Elektronika Stt “Warga” Surakarta. Abdi Masya, 1(3), 132–136.

Novianta, M. A., & Firman, B. (2021). Pelatihan Robot Line Follower Analog Bagi Siswa SMK TKM Teknik Purworejo. Dharma Bakti, 1–6.

Ohy, M., Manoppo, C. T. M., & Parinsi, M. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk Kelas X TKJ SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 528–541.

Prijono, A., Hankawidjaja, A. D., & Felix, C. (2023). Pelatihan Daring Robotika bagi Siswa dan Guru di Sekolah Menengah Atas Kristen Yahya Bandung. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 1–9.

Putra, M. T. D., Pradeka, D., Adiwilaga, A., Munawir, M., & Adjhi, D. P. (2023). Pelatihan Robotika Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Keahlian Siswa SMK Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 56–65.

Rochmanto, R. A., Rizal, A., Apriantoro, R., Sayekti, I., Kusumastuti, S., Nursaputro, S. T., … Kartika, V. S. (2023). PELATIHAN PERAKITAN ROBOT LINE FOLLOWER DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH ALAM NURUL FURQON REMBANG. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3366–3373.

Saifuddin, F., Putro, S. C., & Irianto, W. S. G. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Interktif Pemrograman Dasar Bermuatan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Memahamkan Konsep Pemrograman Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(1), 51–61.

Sardi, J., & Habibullah, H. (2022). Pelatihan Robot Line Follower untuk Guru dan Siswa SMK Negeri 1 Sungai Limau. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(1), 94–101.

Sitorus, M. B., Gifson, A., Mangapul, J., & Aziz, H. (2020). Pelatihan Mikrokontroler Dalam Pengenalan Robotika Sebagai Respon Revolusi Industri 4.0 Di SMK Media Informatika Dasana Indah Tengerang. TERANG, 2(2), 144–150.

Sulistyorini, S., & Listiadi, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran Ispring Suite 10 berbasis android pada materi jurnal penyesuaian di SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2116–2126.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.

Toresa, D., Putra, P. P., Febriadi, B., & Handayani, S. (2023). Pelatihan Dasar Jaringan Komputer Untuk Siswa Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Migas Inovasi Riau. J-COSCIS: Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 27–32.

Trianto, R. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS WEBSITE DI ERA DIGITAL UNTUK SISWA PKL JURUSAN TKJ SMK ISLAM 1 BLITAR. Jurnal Pendidikan PROFESIONAL, 11(2).

Yantidewi, M., Dzulkiflih, D., Ermawati, F. U., & Zainuddin, A. (2022). Pelatihan Dasar Robot Line Tracer Analog bagi Siswa MAN 1 Jombang. Madaniya, 3(4), 1029–1037.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Handoko, W. T. ., Falah, M. Z., Syah, A. I. ., Azhari, M. H. R., Ningtiaz, P. G. ., & Handayani, A. N. (2023). IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING IN THE TKJ DEPARTMENT THROUGH THE LINE FOLLOWER ROBOT TRAINER AT SMK NU 1 KARANGGENENG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10037–10042. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19671

Similar Articles

<< < 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.