PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR EFISIEN DAN MENYENANGKAN DI SD 04 JASINGA KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19436Keywords:
Media Belajar, Efisien Dan MenyenangkanAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk pemanfaatan media belajar efisien dan menyenangkan. Sampel pengabdian kepada masyarakat adalah seluruh peserta didik kelas IV di SD Curug 04 Jasinga yang berjumlah 25 peserta didik yang diperoleh melalui purposive sampling. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk memanfaatkan media belajar efisien dan menyenangkan ini sangat berdampak bagi siswa sekolah dasar di Curug dimana narasumber menggunakan benda-benda di sekitar dalam pembuatan media pembelajaran dan mereka sangat tertarik sehingga rasa keingintahuan mereka pun terpenuhi dengan media belajar yang digunakan.References
Abdin, A. M. (2021). Konsep Pendidikan Humanistik Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Didaktika Jurnal Kependidikan, 15, 101–115. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/61/1449
Abdurrahman, R., & Hadi, M. S. (2023). Hubungan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Community Development Journal, 4(2), 1529–1535. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1222
Ali, R., & Indra. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Islam. TA‘DIB?: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 11(2), 11–12.
Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 5–24.
Busthomi Yazidul. (2020). Pendidikan Kecerdasan Spiritual dalam Al-Qur’an Surat Al-Luqman. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya
Chusniati, Iman, M. S., & Sari, K. P. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Strategi think-Pair Share di Mi Ma’arif Sambeng Borobudur. TARBIYATUNA, 6(1), 62–76.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/728
Pujiharti, E. S. (2022). Peran Sumber Daya Pendidik Dalam Perspektif Ekonomi Pendidikan. An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 35–50.
Sapriyah. (2019). Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Sawitri, J., Disurya, R., & Tanzimah. (2023). Hubungan Antara Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 06(01), 6164–6170.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol. 4(1), 220–234.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Artono Arto, Antonia Junianty Laratmase, Nur Fadli Hazhar, Hesti Mustika Ati, N Ilis, Ova Huzaefah, Dela Aisatu Sadiah, Maymunah Maymunah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










