PENDAMPINGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA TINGKAT SMA

Authors

  • Hersiyati Palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Inelsi Palengka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Indah Rahayu Panglipur Universitas PGRI Argopuro Jember
  • I Wayan Eka Mahendra Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19434

Keywords:

Pendampingan, Projek Penguatan Profil Pancsila (P5), Merdeka Belajar, Tingkat SMA

Abstract

Pedampingan pengabdian adalah proses atau aktivitas yang melibatkan bantuan, bimbingan, atau pendampingan kepada seseorang atau kelompok yang menjalankan proyek atau program pengabdian kepada masyarakat atau instansi tertentu. perlu untuk memberikan pendampingan pada siswa-siswa kelas X yang baru saja menempuh tahap belajar pada jenjang sekolah menengah atas. Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk memberikan wawasan dan gambaran tentang pelaksanaan P5 pada tingkat sekolah menengah atas, memberikan pembimbingan untuk memberdayakan pola piker yang berkembang cepat dan tanggap pada kalangan siswa sebagai pemebri sumber informasi yang relevan dan tepat. Metode kegiatan melalui hybrid system yaitu dengan online dan offline. Hasil dari kegiatan siswa untuk lebih peduli dan  menumbuhkan serta menguatkan karakter siswa pancasila, khususnya iman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhlak mulia, bergotong royong, mandiri, berkebhinekaan global, berpikir kritis, dan kreatif. Selain itu, siswa meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan mereka serta cinta tanah air. P5 memiliki potensi untuk meningkatkan semangat usaha dan kerja sama siswa.

References

Dewi, H. (2023). Penerapan Model Gi-Gdl Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 328–336. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8i2.519

Ekawandani, N., & Halimah, N. (2021). Pengaruh Penambahan Mikroorganisme Lokal (Mol) Dari Nasi Basi Terhadap Pupuk Organik Cair Cangkang Telur. Biosfer?: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 6(Volume 6 No 2), 2–9. Https://Doi.Org/10.23969/Biosfer.V6i2.4944

Fitria, R., Ervina, E., Kurniati, K., & Astafi, R. (2021). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Panti Asuhan Dayang Dermah Bengkalis. Absyara: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56–61. Https://Doi.Org/10.29408/Ab.V2i1.3540

Komala, C., & Nurjannah, N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” Kelas X Sman 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42–49.

Lubis, A., Hasibuan, S., & Indrawati, A. (2020). Pemanfaatan Serbuk Cangkang Telur Ayam Dan Pupuk Kascing Di Tanah Ultisol Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Terung Ungu (Solanum Melongena L.). Jurnal Ilmiah Pertanian ( Jiperta), 2(2), 109–116. Https://Doi.Org/10.31289/Jiperta.V2i2.331

Mayadiana Suwarma, D., Munir, M., Ayu Wijayanti, D., Pandapotan Marpaung, M., Weraman, P., & Putu Agus Dharma Hita, I. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.

Nurkhasanah, E., Ababil, D. C., Prayogo, R. D., & Damayanti, A. (2021). Pembuatan Pupuk Kompos Dari Daun Kering. Jurnal Bina Desa, 3(2), 109–117. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jurnalbinadesa

Palayukan, H., Palengka, I., Langi, E. L., Triyan, S., & Saputra, N. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Calon Guru Bersama. 2(1), 39–44.

Panglipur, I. R. (2023). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Family Teacher Untuk Menunjang Keberhasilan Pendidikan Anak. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 286–293. Https://Gembirapkm.My.Id/Index.Php/Jurnal/Article/View/43

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(01), 84–90.

Species, W. (2020). Agronomy The Herbicidal Potential Of Di Ff Erent Pelargonic Acid Products And Essential Oils Against Several Important. 1–13.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Di Sekolah Dasar. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. Https://Doi.Org/10.29210/30032075000

Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 12–28.

Utari, Yuli P., Triyani, S., & Panglipur, I. R. (2023). Implementation Of Game-Based Learning Methods On Multiple And Division Counting Operations In Class Vii Smp Plus Raudlatul Muqorrobin Kalisat. 1(22), 117–123.

Widyatama, P. R., & Suhari. (2023). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Di Smp Pgri 1 Buduran. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (Embiss), 3(2), 174–187. Https://Www.Embiss.Com/Index.Php/Embiss/Article/View/213

Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 Sd Labschool Unnes Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Lik, 51(2), 76–87.

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Palayukan, H. ., Palengka, I. ., Panglipur, I. R. ., & Mahendra, I. W. E. . (2023). PENDAMPINGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA TINGKAT SMA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8403–8408. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19434

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.