BRANDING DAN LABELING SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN PRODUK EMPING SINGKONG UMKM DI DESA PETANANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19133Keywords:
Branding, Produk, Labeling, Emping Singkong.Abstract
Branding adalah kegiatan pemasaran yang bertujuan membangun identitas sebuah brand/merek dengan cakupan yang sangat luas, meliputi nama dagang, logo, karakter, dan persepsi konsumen akan brand tersebut. Branding juga menjadi sebuah strategi baru perusahaan untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan Branding terhadap Emping Singkong di Desa Petanang agar menjadi produk yang lebih menjual. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Metode Deskriptif dengan Teknik analisis data yaitu melalui dua tahapan meliputi display, dan penarikan kesimpulan. Pelatihan ini membuat klasifikasi data berdasarkan pertanyaan untuk menjawab tiap aspek pelatihan. Tahapan penarikan kesimpulan yaitu tahapan akhir dengan membuat analisis data pelatihan berdasarkan teori relevan.Pelatihan ini menghasilkan produk emping singkong dalam kemasan baru lengkap dengan labelling dan brandingnya. Dengan demikian produk emping yang semula dijual tanpa kemasan, setelah dilakukan pelatihan pelaku usaha bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi sehingga pendapatannya semakin meningkat.References
Anggraini, Leriza Desitama, and R.M RUM Hendarmin. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor Di Era Volatility,Uncertainty,Complexity, Dan Ambiguity.” 5: 836–44.
Amstrong, G. & Kotler. P. 1997. Prinsip-prinsip pemasaran. Cetakan pertama.Jakarta: Erlangga
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran,Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta
Hildayanti, Siti Komariah & Satriyani, Indah Tri. 2022. Strategi Promosi Melalui Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus UMKM RM Sate Taichan Senayan Palembang). Jurnal Ekombis Review. : https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1
Hertati, Lesi, Lilis Puspitawati, Rilla Gantino, and Meifida Ilyas. 2021. “Industri Kreatif Kearifan Lokal Kerajinan Limbah Pelepah Pinang Masyarakat Pinggiran.” Indonesia Berdaya 2(2): 103–11.
Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga Strategic brand management: building, measuring, and managing brand ... Keller, Kevin Lane, author ... Penerbitan, New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2008.
Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.
Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Direktorat Pelayanan Publik.
Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Indonesia. Prednada Media Group. Neumeier, Marty. 2003
https://www.momentumcreative.id/2018/07/apa-itu- branding/https://www.momentumcreative.id/2018/07/apa-itu-branding/
https://pandagila.com/branding
https://kumparan.com/karjaid/mengenal-branding-in-multi-creative-company-inspiratif disamarind a-1sKP4l0DV6w
http://blog.iscreativeworks.com/idealist/jualan-dulu-atau-branding-dulu
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/18582/13535
https://www.bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4381
https://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/286
http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/2286
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andi Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.