PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SEBAGAI WUJUD UPAYA PENCAPAIAN SDG’S BIDANG PENDIDIKAN MELALUI DOSEN GOES TO SCHOOL

Authors

  • Indri Yani Universitas Pakuan
  • Lufty Hari Susanto Universitas Pakuan
  • Rita Istiana Universitas Pakuan
  • Muhammad Taufik Awaludin Universitas Pakuan
  • Desti Herawati Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18920

Keywords:

SDG’s, Minat, Berkualitas

Abstract

Kegiatan dosen goes to school bertujuan untuk meningkatkan minat peserta didik khususnya di SMA Negeri 1 Cisarua untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk mencapai SDG’s dibidang pendidikan. Hal ini dilatarbelakangi bahwa tingkat presentase untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi masih sangat rendah ini dikarenakan bukan hanya faktor ekonomi namun motivasi dari siswa yang rendah selain itu pola pikir dari orang tua yang menganggap bahwa jenjang pendidikan tertinggi sampai pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini diawali dengan observasi dan wawancara dengan pihak sekolah, selanjutnya disepakati pelaksanaan dosen goes to school untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi di SMAN 1 Cisarua. Dalam pelaksanaan pengabdian ini guru biologi SMAN 1 Cisarua selaku mitra memberikan kesempatan kepada para dosen untuk mengajar pada jam pelajaran di kelas XII dengan materi yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah dan guru. Selesai proses pembelajaran dosen menjelaskan atau memperkenalkan bagaimana proses perkuliahan dan memberikan motivasi kepada siswa agar meningkatkan minat melanjutkan ke perguruan tinggi.

References

Aisyah Nurfatimah, Siti, Syofiyah Hasna, Deti Rostika. Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu. Vol 6, No 4 (2022)

Anonim. Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua. https://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-4/

Fadli Agus Triansyah, Sandi Jembar Wijaya, Nurhuda Teapon. Awardee Goes to School: Upaya Peningkatan Motivasi Siswa untuk Melanjutkan Studi di Pendidikan TinggiVol. 3 No. 2 (2023): Juni : Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara

Khaidir Fadil, Amran, Noor Isna Alfaien. Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Journal of Elementary Education Vol.7, No 2, Juni 2023

Lestari, Mardi, Amrazi Zakso, Riama Al Hidayah. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Kasus Pada Remaja Di Desa Sepadu). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/41380/75676586293

Maerani, I. A., Budi, A. S., Eksanti, E., Nurdiana, I. A., Islahiyah, D. M., & Ni’mah, P. M. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Minat Diri Siswa SMA terhadap Dunia Perkuliahan melalui Webinar KKN. Indonesian Journal of Community Services, 3(1), 85–96.

Oktavia Safitri Alvira, Vioreza Dwi Yunianti, Deti Rostika. Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu.

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Yani, I. ., Susanto, L. H., Istiana, R. ., Awaludin, M. T. ., & Herawati, D. . (2023). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SEBAGAI WUJUD UPAYA PENCAPAIAN SDG’S BIDANG PENDIDIKAN MELALUI DOSEN GOES TO SCHOOL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7537–7541. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18920