PENERAPAN LATIHAN IMAGERY PADA GURU PENJAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18850Keywords:
Penerapan, Latihan Imagery, Guru PenjasAbstract
Banyak ragam gangguan yang muncul dan menarik perhatian siswa, sehingga kemungkinan besar dapat mengganggu daya kosentrasi siswa dalam beraktivitas serta kurangnya motivasi siswa dalam menampilkan performa pembelajaran Pendidikan Jasmani, Berdasarkan fenomena dari rendahnya motivasi belajar, maka guru pendidikan jasmani sebagai orang yang bertanggungjawab bagi peningkatan keterampilan siswa perlu menumbuhkan motivasi belajar yang dimiliki masing-masing siswa atau individu maupun secara kelompok melalui pelatihan mental imagery. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra dari kesepakatan tim pengabdian Kepada Masyarakat solusi yang ditawarkan adalah (1) Latihan imagery memilki keunggulan dalam menguatkan mental anak didik dalam proses pembelajaran, (2) membayangkan atau memvisualisasikan secara gamblang saat sedang belajar dan membayangkan dirinya menunjukan penampilan sempurna. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut, para peserta mendapatkan dan meningkatnya pengetahuan tentang peran latihan Imagery serta mendapatkan cara-cara yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar sehingga tidak terjadi kebosanan dalam belajar seperti melihatkan video olahraga yang akan di ajarkan.References
Agustan, B., & Hidayat, A. R. (2021). Play Teach Play: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Passing Futsal. Physical Activity Journal, 2(2), 159. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2021.2.2.3875%0a
Carsiwan. (2016). Penerapan Latihan Imagery Mental Dalam Pelatihan Olahraga Unggulan Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 8(1), 1–20.
Cumming, J., & Williams, S. E. (2012). The Role Of Imagery In Performance.The Oxford Handbook Of Sport And Performance Psychology,. Https://Doi.Org/10.13140/2.1.3274.5925%0a
Juliantine, T., Subroto, T., & Yudiana, Y. (2013). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Fpok Upi Bandung.
Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi, N. (2020). Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Physical Activity Journal,. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2020.1.2.2394%0a
Komarudin. (2016). Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Pt Remaja Rosdakarya.
Kuan, G., & Roy, J. (2007). Goal Profiles, Mental Toughness And Its Influence On Performance Outcomes Among Wushu Athletes. Journal Of Sports Science And Medicine, 6((Cssi-2)), 28–33.
Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sman 1 Cikembar. R. Physical Activity Journal, 1(1), 82. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2019.1.1.2005
Subarjah, H. (2017). Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bulutangkis Studi Eksperimen Pada Siswa Diklat Bulutangkis Fpok-Upi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V3i3.361%0a
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alficandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.