THE INFLUENCE OF PRICING STRATEGY AND CONSUMER TRUST ON PURCHASE DECISION THROUGH WHATSAPP APPLICATION OF ORGANIC VEGETABLES PRODUCTS

Authors

  • D. Yadi Heryadi Universitas Siliwangi
  • Ana Fitriyatul Bilgies Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Irma M. Nawangwulan International University Liaison Indonesia
  • Samuel PD Anantadjaya IPMI Business School
  • Bonny Agung Wahyuono Badan Riset dan Inovasi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18618

Keywords:

Sayuran Organik, Harga, Kepercayaan, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ciri-ciri konsumen yang membeli sayuran organik. Wawancara, tinjauan literatur, dan kuesioner merupakan teknik pengumpulan data. Konsumen yang telah membeli sayuran organik merupakan populasi. Dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS, teknik statistik deskriptif dan SEM-PLS digunakan untuk menguji hasil survei. Menurut studi tentang pengaruh langsung, harga dan kepercayaan terhadap kualitas barang tidak banyak berpengaruh terhadap niat membeli, namun kepercayaan terhadap kualitas pelayanan berpengaruh. Kemudian, meskipun keyakinan terhadap kualitas layanan berdampak kecil terhadap keputusan pembelian, penetapan harga, kepercayaan terhadap kualitas produk, dan niat membeli berpengaruh kecil. Keputusan pembelian tidak dipengaruhi oleh harga, kepercayaan terhadap kualitas barang, atau kepercayaan terhadap kualitas pelayanan, menurut penelitian pengaruh tidak langsung. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti harga, kepercayaan terhadap kualitas barang, dan kepercayaan terhadap kualitas layanan, semuanya dapat mempengaruhi kesediaan konsumen untuk melakukan pembelian. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh faktor harga, kepercayaan terhadap kualitas barang atau jasa, dan minat pembelian.

References

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Theory And Practice. Depok: Pt Rajagrafindo Persada.

Kotler, P., & Gary, A. (2008). Marketing Principles, Volume 1. Jakarta: Erlangga.

Violin, V., Hasan, S., & Sufri, M. (2022). Pengaruh Konsep Low-Cost Carrier Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Maskapai Lion Airlines Di Indonesia. Journal Of Management Science (Jms), 3(1), 150-160.

Violin, V. (2019). Pengaruh Harga Pokok Produksi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Semen Bosowa Maros. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(2).

Bakri, A. A., Wandanaya, A. B., Violin, V., & Fauzan, T. R. (2023). The Application Of Utaut Modified Model To Analyze The Customers Use Behavior Of Shopee Paylater. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 96-101.

Sutrisno, S., Wulandari, W., Violin, V., Supriyadi, A., & Tawil, M. R. (2023). Prioritization Of The Best Online Platform For Msmes Using Simple Additive Weighting Method. Journal On Education, 5(3), 10265-10275.

Kamaruddin, I., Latuconsina, A., Pramono, S. A., Pattiasina, P. J., & Wahab, A. (2022). Urgensi Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Personality (Tpack-P) Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 3680-3688.

Kamaruddin, I., Tannady, H., Al Haddar, G., Sembiring, D., & Qurtubi, A. (2023). The Effect Of Direct Compensation And Work Motivation On Teacher Productivity At Private Senior High School In Jakarta. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 472-482.

Heryadi, D. Y., Fachrurazi, F., Nurcholifah, I., & Yusuf, M. (2023). During The Covid-19 Pandemic, Marketing Strategy Analysis For Crispy Msmes" Ma Icih". Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 184-201.

Heryadi, D. Y., & Noor, T. I. (2016, August). Sri Rice Organic Farmers' Dilemma: Between Economic Aspects And Sustainable Agriculture. In 2016 Global Conference On Business, Management And Entrepreneurship (Pp. 176-180). Atlantis Press.

Heryadi, D. Y., Noor, T. I., Deliana, Y., & Hamdani, J. S. (2018). Why Organic Rice Farmers Switch Back To Conventional Farming?. Journal Of Economics And Sustainable Development.

Heryadi, D. Y., Noor, T. I., Deliana, Y., & Hamdani, J. S. (2018). Assessing The Performance And Factors Affecting Organic Rice Agribusiness Sustainability. Int. J. Devel. Res, 8, 24110-24115.

Heryadi, D. Y., Tannady, H., Dwinoor Rembulan, G., Rofatin, B., & Siti Sundari, R. (2023). Changes In Behavior And Welfare Of Organic Rice Farmers During The Covid-19 Pandemic. Caspian Journal Of Environmental Sciences, 21(1), 191-197.

Fachrurazi, H., Mm, S. A., Cahyadi, N., S St, M. M., Fitriadi, H., Rianda Hanis, S. E. I., ... & Ak, M. (2022). Dasar Dan Konsep Manajemen Organisasi. Cv Rey Media Grafika.

Arta, D. N. C., Tannady, H., Fitriadi, H., Supriatna, D., & Yuniwati, I. (2023). Analisis Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Rekrutmen Terhadap Kinerja Karyawan Di Perguruan Tinggi. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 4(1), 587-596.

Boari, Y., Megavitry, R., Pattiasina, P. J., Ramdani, H. T., & Munandar, H. (2023). The Analysis Of Effectiveness Of Mobile Learning Media Usage In Train Students’ Critical Thinking Skills. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 172-177.

Rumbrawer, W. A. P., Boari, Y., & Lestari, E. D. (2023). Dampak Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Kelurahan Vim). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 341-354.

Tanan, C. I., Boari, Y., & Binur, R. H. E. (2022). Pendampingan Kewirausahaan Mahasiswa Di Highland Roastery Dan Rumah Kopi Jayapura Pada Masa Covid-19. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 3(1), 223-234.

Lestari, E. D., Boari, Y., Bonsapia, M., & Anes, S. M. (2023). Peran Pemerintah Terhadap Pengembangan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Biak Numfor. Journal Of Economics Review (Joer), 3(1), 21-35.

Jumainah, J., Paramansyah, A., Rohmiyati, Y., Boari, Y., & Nurnaningsih, A. (2023). The Relationship Analysis Between The Index Card Match Learning Model And Students’ Activeness And Memorizing Capability. Journal On Education, 6(1), 1369-1374.

Fitriadi, H. (2021). Pengaruh Suasana Resto Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Lan’s Resto Dan Cafe Lahat. Jurnal Teknik Ibnu Sina (Jt-Ibsi), 6(02), 88-103.

Violin, V. (2022). Influence Leadership, Competence And Motivation To Performance Employee Service Health Regency Bay Bintuni West Papua Province. J. Adm. J. Pemikir. Ilm. Dan Pendidik. Adm. Perkantoran, 9(2), 305-310.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Heryadi, D. Y. ., Bilgies, A. F. ., Nawangwulan, I. M. ., Anantadjaya, S. P. ., & Wahyuono, B. A. . (2023). THE INFLUENCE OF PRICING STRATEGY AND CONSUMER TRUST ON PURCHASE DECISION THROUGH WHATSAPP APPLICATION OF ORGANIC VEGETABLES PRODUCTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7002–7008. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18618