KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR UNTUK MELATIH MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH AMEERTA BINTARA BEKASI KOTA

Authors

  • Sandra Adetya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fathana Gina e-mail: [email protected]
  • Nurwahyuni Nasir Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17987

Keywords:

Motorik Halus, Perkebangan, Origami

Abstract

Golden age adalah usia anak-anak yang harus dilewati oleh setiap individu. Usia ini sangat menentukan tahapan kehidupan selanjutnya. Salah satu aspek perkembangan yang perlu distimulasi adalah kemampuan motorik halus. Perkembangan motorik halus anak merupakan hal yang penting untuk difokuskan lebih karena memiliki keterkaitan dengan tugas perkembangan lain seperti kemandirian, perkembangan kemampuan kognitif, dan lain sebagainya (Widiyawati, 2020).Pada kenyataannya, tidak semua orang tua mempunyai pengetahuan yang cukup tentang aspek perkembangan anak dan cara mengembangkannya. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dan pendidikan orangtua dengan stimulasi terhadap tumbuh kembang anak (Warseno & Solihah, 2019; Zukhra & Amin, 2017). Pendidikan orang tua terutama pendidikan ibu sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Pendidikan ibu yang rendah membuat ibu kurang mampu dalam menyerap informasi tentang cara mengasuh anak yang baik dan tahapan-tahapan perkembangan apa saja yang dilewati anak sesuai usianya (Soetjiningsih, 2013).Perkembangan motorik anak, khususnya di sekolah Ameerta Bintara Bekasi kota, motorik halus masih belum berkembang secara optimal. Terlihat anak-anak usia 4 bahkan hingga 8 tahun masih belum mampu melakukan kemampuan tersebut, hal ini diidentifikasikan dengan hasil mewarnai anak yang tidak memenuhi bidang gambar dan cenderung keluar dari batas.

References

Adi D. Tilong. (2016). 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan Dan Kiri Anak. Laksana.

Hajar Pamadhi & Evan Sukardi S. (2010). Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka.

Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Pt Remaja Rosdakarya.

Sudibyo Bambang. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009. Kementrian Pendidikan Nasional, 2(1), 1–8.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Warnida, W. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Di Kelompok B1 Tk Berkah Kota Jambi Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 132. Https://Doi.Org/10.33087/Dikdaya.V9i1.133

Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Group. 2009.

Jannah, M. (2015, September). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 1(2), 87-98.

Nurhayati (2020).Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tk Kelompok B. Journal Of Islamic Early Chilhood Education, 3(2), 65-73.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak Edisi Kedua. Jakarta: Egc.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Paud. Yogyakarta: Pedagogia.

Syafril, S., Susanti, R., Elfiah, R., Pahrudin, A., Erlina, N., & Mohd. Ishak, N. (2018) .Four Ways Of Fine Motor Skills Development In Early Childhood.

Warnida. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Di Kelompok B1 Tk Berkah Kota Jambi Tahun 2016-2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Vol.9 (1). 132-140.

Warseno, A., & Solihah, H. (2019). Tingkat Pendidikan Ibu Memiliki Hubungan Dengan Status Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Malang, 4(1).

Widiyawati, J. (2020). Kegiatan Bermain Origami Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Akhyar Bungo. Jambi: Uin Sultan Thaha Saifuddin.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Adetya , S. ., Gina, F. ., & Nasir , N. (2023). KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR UNTUK MELATIH MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH AMEERTA BINTARA BEKASI KOTA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6897–6901. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17987