PERANAN POJOK BACA MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI MESJID AN- NUR DESA MULYA SUBUR, KECAMATAN PANGKALAN LESUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.17877Keywords:
Literasi, Pojok baca, MembacaAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa melalui program pojok baca dirangkai dengan kegiatan pengajaran dan pembimbingan. Kegiatan pengabdian ini berlokasi di lingkungan Masjid An-Nur Desa Mulya Subur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Literasi dipandang sebagai kemampuan dasar individu yang harus dimilikinya untuk mengolah dan mencari informasi. Sarana pendukung untuk menunjang literasi adalah lingkungan yang kondusif dengan sarana pra sarana yang mendukung. Lingkungan literasi mendukung program yang mendorong pembiasaan literasi. Metoda yang dilakukan pada pengabdian ini adalah pengajaran dan pembimbingan siswa dan pembangunan dan penyiapan sarana prasarana pojok baca. Pojok baca dapat menjadi awal terbentuknya lingkungan literasi di lingkungan sekolah khususnya di lingkungan masyarakat. Menggunakan pendekatan pengajaran dan pembimbingan yang terskedul dengan teknik pengajaran yang partisipatif membuat siswa atau anak-anak usia sekolah antusias mengikuti agenda pada pojok baca tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat menanamkan kepada masyarakat untuk menciptakan dan meningkatkan budaya membaca dan kebiasaan berbagai hal yang berhubungan dengan gemar membaca. Hasil juga menunjukkan adanya peningkatan literaasi yang dilihat dari kemampuan siswa membaca Al qur’an, adanya peningkatan kemampuan siswa pada pengetahuan social, dan pengetahuan umum.References
Apriani, D. (2009). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Ra Al Hidayah 2. 1–13.
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093
Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Masyarakat Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Ruang Publik. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1. 302
Yuliani, W. (2018). Penelitian Metode Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. EJournal.Stkipsiliwangi.ac.id/, 2, 9. http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/q uanta/article/view/1641/911
Saiegh-Haddad, E., & Joshi, R. M. (2014). Handbook of Arabic Literacy: Insights and Perspectives. Springer Berlin Heidelberg. http://www.springer.com/series/7206
Seymour, P. H. K., Aro, M., & Erskine, J. M. (2003). Foundation literacy acquisition in European orthographies. British Journal of Psychology, 94, 143–174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zul Azmi, Alfi Diansyah, Hasan Idris, Yossi Dharma, Zunaida Zunaida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.