SOSIALISASI PROSES PENGURUSAN LABEL HALAL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN KERIPIK PISANG GOSONG DI DESA TANJUNG HARAP
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17863Keywords:
Label Halal, Pemasaran, Keripik Pisang GosongAbstract
Indonesia dengan Negara yang mayoritas penduduknya islam, harus bisa menjaga nilai-nilai agama termasuk dalam hal mengonsumsi makanan. Kendala yang terjadi pada UMKM di Indonesia saat ini yaitu belum bisa menerapkan kebijakan pemerintah dengan baik karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya sertifikasi halal. Pengurusan label halal dianggap sepele bagi para pelaku UMKM. Tanpa disadari nyatanya sertifikasi halal membawa pengaruh pada meningkatnya pemasaran suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pemahaman tentang pentingnya pengurusan label halal pada kemasan produk terkhususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM di desa Tanjung Harap, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Serdang Bedagai. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2023 di Aula Desa Tanjung Harap dan dilakukan dengan melakukan sosialisasi pada 20 peserta pelaku UMKM yang bergerak pada produksi kuliner keripik pisang gosong. Dengan kegiatan yang dilakukan, peserta UMKM dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya label halal pada kemasan terhadap meningkatnya pemasaran produk keripik pisang gosong yang mereka pasarkan.References
Asyik, N. F., Patuh, M., Respatia, W., Triyonowati, & Yahya. (2023). Sosialisasi Sertifikasi Halal Dan Jaminan Halal Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Gresik. …?: Jurnal Pengabdian Kepada …, 4(2), 91–101.
Masruroh, S., Maulana, F. I., Studi, P., Agama, P., Hukum, P. S., Studi, P., & Mesin, T. (2023). Urgensi Label Halal Pada Produk Makanan Kripik Pare. 1162–1166.
Mikro, U. (2023). Digital Marketing dan Sertifikasi Halal Sebagai Upaya Pemberdayan. 7(3), 473–481.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Nurwandri, A., Marzuki, D., & ’ Y. (2023). Sosialisasi Sertifikasi Produk Halal Bagi Pelaku Umkm Di Desa Air Teluk Hessa, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 3(3), 60–66. https://doi.org/10.59818/jpm.v3i3.485
Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Komunikasi Pemasaran (Issue 1).
Sekarwati, E., & Hidayah, M. (2022). Pendampingan Dan Sosialisasi Pendaftaran Sertifikasi Halal Menggunakan Aplikasi Sihalal Bagi Pelaku Umkm Kabupaten Purworejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi Dan Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.35315/intimas.v2i2.9010
Wulandari, H. S., & Hasan, N. D. B. (2023). Analisis tingkat literasi label halal pengusaha umkm kerupuk di desa Dakiring (studi kasus desa dakiring, kecamatan Socah, kabupaten Bangkalan). Jurnal Kaffa, 2(1), 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elsa Mawarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.