PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN USAHA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS PANCASILA DENGAN KONSEP KOREAN FASHION STYLE UNTUK PEREMPUAN BERHIJAB
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17699Keywords:
Pendampingan, Pengembangan Usaha, Mahasiswa, Korean Fashion Style, PerempuanAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pengembangan usaha kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pancasila dengan konsep Korean Fashion Style untuk perempuan berhijab. Pendampingan dilakukan secara komprehensif mulai dari penyusunan rencana usaha hingga pemasaran produk. Melalui pendampingan ini, mahasiswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan dukungan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha dengan memadukan tren Korean Fashion Style dan kebutuhan perempuan berhijab di Indonesia. Kegiatan dimulai dengan identifikasi fenomena viral Korean Wave di Indonesia, khususnya minat terhadap drama Korea dan gaya berpakaian karakter perempuan di dalamnya. Tahapan pendampingan meliputi pengembangan ide bisnis, produksi, dan operasional usaha, serta strategi pemasaran. Dalam produksi awal, dilakukan dengan jasa re-label dari mitra bisnis, Konveksi Key Clothing, sementara rencana jangka panjang adalah memproduksi secara mandiri.Arnala, merek usaha yang dihasilkan dari pendampingan ini, mengusung konsep Korean Fashion Style yang ramah hijab. Produk-produk seperti Overall Jumpsuit, Collar Fleece Jacket, dan Overall Dress disediakan untuk memenuhi kebutuhan fashion perempuan berhijab. Arnala mengedepankan nilai-nilai seperti perhatian terhadap detail, kenyamanan, rasa percaya diri, dan pemahaman terhadap kebutuhan konsumen.Strategi pemasaran Arnala mencakup penggunaan Instagram ads dengan tawaran diskon pembelian pertama, paket bundling, serta penjualan offline di lokasi publik dan melalui platform e-commerce. Dengan adanya pendampingan, mahasiswa FEB Universitas Pancasila diharapkan dapat mengembangkan bisnis Arnala secara berkelanjutan, mendorong inovasi, dan meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan wirausaha muda di bidang fashion dengan menggabungkan tren global Korean Fashion Style dengan kebutuhan lokal perempuan berhijab di Indonesia.References
Azizah, W. (2017a). Opportunistic Perspective off Accrual And Real Earnings Management in Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 19(11), 1–05. https://doi.org/10.9790/487X-1911070105
Azizah, W. (2017b). Trend and Tradeoff Between Accrual Earnings Management and Real Earnings Management In Indonesia. Jurnal Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 17(2), 159–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/mraai.v17i2.2079
Azizah, W. (2021). Covid-19 in Indonesia: Analysis of Differences Earnings Management in the First Quarter. Jurnal Akuntansi, 11(1), 23–32. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.11.1.23-32
Azizah, W. (2022). Pandemi COVID-19: Apakah Mempengaruhi Green Accounting di Indonesia? Review of Applied Accounting Research (RAAR), 2(2), 153. https://doi.org/10.30595/raar.v2i2.13679
Azizah, W., Bantasyam, S., & Sinaga, L. (2020). Indonesia ’ s LQ45 Index?: Tax Discount Facility and Earnings Management. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 22(8), 27–31. https://doi.org/10.9790/487X-2208032731
Azizah, W., Fredy, H., & Wahyoeni, S. I. (2022). Income Smoothing in Indonesia?: Could Reputable Auditors Suppress it?? International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 11(8), 67–70. https://doi.org/10.35629/8028-11086770
Azizah, W., Fredy, H., & Wahyoeni, S. I. (2023). COVID-19 and Financial Outcome in Tourism Sub-Sector Company in Indonesia. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 12(4), 80–84. https://doi.org/10.35629/8028-12048084
Azizah, W., Fredy, H., & Zoebaedi, F. (2022). COVID-19: Accrual Earnings Management Practices in Pharmaceutical Companies in Indonesia. Jurnal Akuntansi, 12(3), 223–238. https://doi.org/10.33369/jakuntansi.12.3.223-238
Azizah, W., Murni, Y., & Utami, R. R. (2022). Pengaruh Financial Target, Ineffective Monitoring, Pergantian Auditor, dan Perubahan Direksi Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 9(2), 99–109. https://doi.org/10.36262/widyakala.v9i2.572
Azizah, W., Thalib, S., Hermawati, A., & Febrian, A. (2022). UMKM Binaan Posdaya Kenanga Jagakarsa Bertahan Ketika Pandemi COVID-19 Melalui Peningkatan Keterampilan Perhitungan Harga Pokok Produksi. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 63–70. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/abdi.v2i2.3419
Azizah, W., Wahyoeni, S. I., & Zoebaedi, F. (2021). Covid-19 and Accrual Earnings Management In Indonesia in the Second Quarter. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 10(9), 33–39. https://doi.org/10.35629/8028-1009013339
Azizah, W., Widyawati, Irawan, I. A., Wahyudi, A., & Wahyoeni, S. I. (2023). PENGEMBANGAN IDE DAN KONSEP BISNIS BAGI CALON WIRAUSAHAWAN MUDA SMK NEGERI 3 DEPOK. Communnity Development Journal, 4(3), 5495–5503.
Azizah, W., Zoebadi, F., Bantasyam, S., & Oktaviani, Y. R. (2019). Earnings Management in Indonesia?: Are Women Always Under?? IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 21(11), 42–46. https://doi.org/10.9790/487X-2111014246
Azizah, W., Zoebaedi, F., & Yatim, M. R. (2020). Income Smoothing: Does Firm Size Matter in Indonesia? IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 22(11), 21–23. https://doi.org/10.9790/487X-2211042123
Cahyo, R. D., Murni, Y., & Azizah, W. (2022). Determinan Integritas Laporan Keuangan. Akrual?: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 1–10.
Damayanti, A. N., Azizah, W., & Lie, B. R. T. (2021). PEMBUKUAN KEUANGAN BAGI UMKM BINAAN POSDAYA CEMPAKA. Suluh: Jurnal Abdimas, 3(1), 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/suluh.v3i1
Muhyidin, J., Ambarwati, S., & Azizah, W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia. RELEVAN?: Jurnal Riset Akuntansi, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.35814/relevan.v2i1.2822
Putri, A., Sudarmaji, E., Azizah, W., Akuntansi, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). DETERMINAN MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL (Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2014-2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila). Jiap, 3(1), 58–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Widyaningsih Azizah, Nelyumna Rizal, Indra Ade Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.