PENDAMPINGAN SEJARAH TEMATIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR GURU/SISWA DI SMAN 7 PALU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17469Keywords:
Sejarah Tematis, Sumber Belajar, SiswaAbstract
Pemanfaatan sejarah tematis sebagai sumber belajar merupakan salahsatu strategi yang menarik untuk diterapkan, terlebih lagi jika merujuk pada metode pembelajaran yang bersifat kontekstual. Kajian-kajian sejarah tematis lokal yang dihasilkan oleh para mahasiswa, penulis, dan akademisi Sulawesi Tengah dapat dikembangkan sebagai sumber belajar. Pengetahuan awal yang dimiliki oleh para peserta didik terkait materi bersifat kontekstual merupakan indikator ketertarikan mereka terhadap sejarah, sehingga melalui sejarah tematis diharapkan dapat menjembatani peserta didik dalam memahami realitas historis yang sebenarnya.References
Abdullah, T., & Surjomihardjo, A. (1985). Ilmu Sejarah dan Historiografi Arah dan Perspektif. Gramedia.
Ayundasari, L. (2017). Urgensi Pembelajaran Sejarah Berbasis Potensi Lokal Bahari Untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha di Pesisir Selatan Kabupaten Malang. Sejarah dan Budaya?: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(2), 211–219.
Gamar, M. M. & Haliadi-Sadi. (2020). Structure of Informal Economy History of Palu City in Early 2000. Proceedings of the 4th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC 2019). 4th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC 2019), Solo, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.064
Hakim, L. (2018). HISTORIOGRAFI MODERN INDONESIA: Dari Sejarah Lama Menuju Sejarah Baru. Khazanah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam. https://doi.org/10.15548/khazanah.v0i0.75
Kartodirjo, S. (2016). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Ombak.
Misnah. (2020). Budaya Tradisi Lisan. CV Pena Persada.
Nadjamuddin, L. (2016). Satu kota empat zaman: Donggala pada masa tradisional hingga terbentuknya kabupaten. Penerbit Ombak.
Sapto, A., Ayundasari, L., Ridhoi, R., & Khakim, M. N. L. (2019). PENGEMBANGAN KAJIAN SEJARAH TEMATIK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SEJARAH TINGKAT MENENGAH ATAS DI BLITAR. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 13. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p13-18
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuraedah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.