PENDAMPINGAN SEJARAH TEMATIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR GURU/SISWA DI SMAN 7 PALU

Authors

  • Nuraedah Nuraedah Universitas Tadulako
  • Charles Kapile Universitas Tadulako
  • Mutawakkil Mutawakkil Universitas Tadulako
  • Fajar Nugroho Universitas Tadulako
  • Iskandar Ahmad Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17469

Keywords:

Sejarah Tematis, Sumber Belajar, Siswa

Abstract

Pemanfaatan sejarah tematis sebagai sumber belajar merupakan salahsatu strategi yang menarik untuk diterapkan, terlebih lagi jika merujuk pada metode pembelajaran yang bersifat kontekstual. Kajian-kajian sejarah tematis lokal yang dihasilkan oleh para mahasiswa, penulis, dan akademisi Sulawesi Tengah dapat dikembangkan sebagai sumber belajar. Pengetahuan awal yang dimiliki oleh para peserta didik terkait materi bersifat kontekstual merupakan indikator ketertarikan mereka terhadap sejarah, sehingga melalui sejarah tematis diharapkan dapat menjembatani peserta didik dalam memahami realitas historis yang sebenarnya.

References

Abdullah, T., & Surjomihardjo, A. (1985). Ilmu Sejarah dan Historiografi Arah dan Perspektif. Gramedia.

Ayundasari, L. (2017). Urgensi Pembelajaran Sejarah Berbasis Potensi Lokal Bahari Untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha di Pesisir Selatan Kabupaten Malang. Sejarah dan Budaya?: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(2), 211–219.

Gamar, M. M. & Haliadi-Sadi. (2020). Structure of Informal Economy History of Palu City in Early 2000. Proceedings of the 4th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC 2019). 4th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC 2019), Solo, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.064

Hakim, L. (2018). HISTORIOGRAFI MODERN INDONESIA: Dari Sejarah Lama Menuju Sejarah Baru. Khazanah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam. https://doi.org/10.15548/khazanah.v0i0.75

Kartodirjo, S. (2016). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Ombak.

Misnah. (2020). Budaya Tradisi Lisan. CV Pena Persada.

Nadjamuddin, L. (2016). Satu kota empat zaman: Donggala pada masa tradisional hingga terbentuknya kabupaten. Penerbit Ombak.

Sapto, A., Ayundasari, L., Ridhoi, R., & Khakim, M. N. L. (2019). PENGEMBANGAN KAJIAN SEJARAH TEMATIK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SEJARAH TINGKAT MENENGAH ATAS DI BLITAR. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 13. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p13-18

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Nuraedah, N., Kapile, C. ., Mutawakkil, M., Nugroho, F. ., & Ahmad, I. . (2023). PENDAMPINGAN SEJARAH TEMATIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR GURU/SISWA DI SMAN 7 PALU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5741–5744. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17469