IMPLEMENTASI CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DAN MEDIA PROFILE KOMUNITAS KAMPUNG DIGITAL SENTRA KREASI

Authors

  • Kristina Sisilia Universitas Telkom
  • Rennyta Yusiana Universitas Telkom
  • Retno Setyorini Universitas Telkom
  • Anak Agung Gde Agung Universitas Telkom
  • Pramuko Aji Universitas Telkom
  • Arlin Moch. Trenggana Universitas Telkom
  • Robbi Hendriyanto Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17346

Keywords:

Konten, UMKM, Content Management System.

Abstract

Content Management System (CMS) merupakan platform bagi pengguna dapat membuat, mengedit, dan mengelola konten di situs web tanpa pengetahuan teknis dalam pengembangan web. Konten yang dapat dikelola seperti artikel, gambar, video, dan halaman web. Dalam dunia bisnis, CMS berperan sangat penting karena dapat membantu pengguna mengelola konten di situs web mereka dengan mudah, meningkatkan efisiensi operasional, serta menghemat waktu dan biaya. Hal ini sangat penting terutama untuk permasalahan UMKM yang seringkali kekurangan sumber daya untuk mengelola keberadaan mereka di dunia maya. Komunitas UMKM Kampung Digital Sentra Kreasi berfungsi sebagai platform bagi para pemilik usaha kecil dan menengah di Kecamatan Pameungpeuk dan sekitarnya untuk saling bertukar informasi serta bekerja sama untuk meningkatkan kualitas produk mereka. Komunitas ini bertujuan membantu anggotanya mengembangkan kemampuan teknologi dan meningkatkan keterampilan pemasaran digitalnya, agar dapat memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Dengan CMS, anggota komunitas dapat mengelola konten situs web mereka dengan efisien, membantu mereka memperkenalkan produk mereka pada khalayak yang lebih luas, dan meningkatkan visibilitas pasar mereka. Dengan dukungan dari komunitas, pengusaha UMKM dapat lebih baik menempatkan diri mereka untuk bersaing di pasar digital dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

References

M. C. Kande dan G. A. Manu, “Pembandingan Content management System Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Dalam Implementasi Pembuatan Website Sekolah,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 2, 2019.

S. M. Juhro, “Pembangunan Inklusif Bagi UMKM di Era Digital,” Bank Indonesia, 2018.

LIPI, “Profil Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” Bank Indonesia, 2015.

DJKN Kemenkeu, Februari 2022. [Online]. Available:https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html.

C. Bauer, P. Dohmen dan C. Strauss, “An Innovative Service and Its Future Strategies,” dalam International Conference on Emerging Intelligent Data and Web Technologies, 2011.

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Sisilia, K. ., Yusiana, R. ., Setyorini, R. ., Agung, A. A. G. ., Aji, P. ., Trenggana, A. M. ., & Hendriyanto, R. . (2023). IMPLEMENTASI CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DAN MEDIA PROFILE KOMUNITAS KAMPUNG DIGITAL SENTRA KREASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5637–5642. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17346