PENDAMPINGAN TEKNIK FOTOGRAFI DAN EDITING VIDEO UNTUK PRODUK KERAJINAN UNGGULAN DESA DUWET
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17134Keywords:
Pelatihan, Fotografi, Editing Video, Snapseed, Cap CutAbstract
Desa Duwet yang terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang merupakan salah satu mitra Politeknik Negeri Malang dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Di desa ini terdapat usaha kreatif yang bergerak di bidang pembuatan kerajinan bambu (besek), tusuk sate, dan aneka kue berbahan dasar pisang. Pendekatan promosi dan pemasaran telah dilakukan baik secara offline maupun online, dengan munculnya teknologi informasi digital. Namun demikian, berbagai tantangan yang dihadapi adalah foto produk yang kurang menarik, pencahayaan yang kurang, latar belakang yang sederhana, dan belum adanya video promosi. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pemasaran digital produk unggulan Desa Duwet melalui pelatihan dan pendampingan teknik fotografi, pengeditan foto menggunakan aplikasi Snapseed, dan pengeditan video dengan menggunakan aplikasi Cap Cut. Sasaran pelatihan ditujukan untuk remaja dan anggota UMKM Desa Duwet. Pengabdian ini menggunakan prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu, pengabdian masyarakat ini telah memberikan kontribusi dalam meningkatkan keahlian fotografi di antara para mitra dan meningkatkan hasil editing foto/video produk, yang dibuktikan dengan hasil foto dan video yang dihasilkan oleh para peserta. Berdasarkan hasil kuesioner, 88% peserta sangat senang dengan kegiatan PkM ini.References
Adnan, Q. B., (2022). Cara Edit Video Menggunakan Aplikasi Cap Cut. Diunduh dari https://www.brilio.net/gadget/cara-edit-video-menggunakan-aplikasi-capcut-pemula-wajib-tahu-220210r.html tanggal 20 Juli 2023
Adrian, S.,(2019). Cara menggunakan aplikasi snapseed untuk editing foto. Diunduh dari https://tirto.id/cara-menggunakan-aplikasi-snapseed-untuk-editing-foto-encr#google_vignette tanggal 22 Juli 2023
Francisca, H (2022). Analisis minat masyarakat pengguna platform YouTube sebagai media komunikasi digital masa kini. Jurnal Manajemen Vol. 14 Issue 3 Page 564-573. Doi : 10.29264/jmmn.v14i3.11565
Indrazno, S, dkk. (2022). Pembuatan Display Produk Unggulan UMK di Desa Duwet Kecamatan Tumpang. Jurnal Abdimas. Vol. 9 No. 2. 186-188
Karunia,H. (2023). Strategi Video Marketing. Diunduh dari https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-membuat-content-marketing-video-dengan-budget-rendah/ diakses tanggal 23 Juli 2023
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Anggraeni, L. (n.d.). Retrieved September 7, 2018, diunduh dari
Muh. Nur Rasyid, dkk. 2021. Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Islam. Vol.4 No.1 April 2021
Sari, K. A., Madhanni, L, dkk. 2021. Pemberdayaan melalui pelatihan pemasaran produk UMKM Omah Jenang Blitar di masa pandemi Covid-19. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masysrakat, 4(2), hal 64-72
Tommy, R. I., dkk. (2022). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Strategi Online Marketing di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia Vol.3, No.2 Mei 2022, Hal 138-147, http://dx.doi.org/10.36596/ipkmi.v3i2.401
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Elfa Masudia, Moechammad Sarosa, Nurul Hidayati, Lis Diana Mustafa, Waluyo Waluyo, Mohammad Abdullah Anshori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.